5 Tip Sherlock Holmes untuk Para Penulis

Sherlock Holmes telah menjadi karakter film yang paling banyak dimainkan dalam sejarah, sejak pertama kali muncul pada tahun 1887. Sherlock Holmes adalah detektif yang benar-benar menangkap imajinasi dunia. Kali ini saya telah mengumpulkan 5 tip yang dapat kamu pelajari sebagai penulis dari detektif ini:

1. Menguasai keahlianmu

Sherlock Holmes adalah ahli deduksi, tetapi keahliannya ini tidak diperoleh dalam waktu singkat. Meskipun dia cerdas dan berbakat, dia terus berupaya meningkatkan keterampilannya. Dia sangat percaya dalam mempelajari dasar-dasar segala sesuatu dibandingkan harus terburu-buru ke sesuatu yang kompleks.

2. Perhatian pada detail

Seorang penulis adalah seorang pengamat. Mereka menonton, mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama—hal-hal yang dilewatkan orang lain. Ketika Sherlock Holmes pertama kali bertemu John Watson, dia melihat John menderita luka, dan wajah serta tangannya kecokelatan. Dia menyatukan petunjuk-petunjuk tersebut dan menyimpulkan penampilannya.

3. Luangkan waktu untuk berpikir

Sebagai penulis kamu pasti perlu menemukan tempat tanpa pengalih perhatian dan tenang untuk berpikir. Sherlock sendiri memerlukan kesendirian untuk menimbang setiap bukti, membangun teori alternatif, menyeimbangkan satu dengan yang lain, dan memutuskan mana poin-poin itu penting dan mana yang tidak penting. Gangguan akan mengacaukan fokusnya.

4. Menjadi ahli dalam bahasa tubuh

Sherlock Holmes melatih dirinya untuk memperhatikan yang tidak biasa. Dia mempelajari bahasa tubuh orang lain untuk menemukan seluruh kebenaran. Sebagai penulis, kita tahu bahwa yang penting bukan hanya apa yang karakter mereka katakan tetapi bagaimana mereka mengatakan sesuatu, bagaimana mereka bergerak, apa yang mereka kenakan dan bagaimana cara mereka memakainya, semuanya itu sama pentingnya.

5. Menciptakan penjahat yang layak

Kita tahu Jim Moriarty adalah penjahat yang sepadan dengan Sherlock Holmes. Begitu juga Irene Adler, dan Charles Augustus Magnusse. Mereka semua adalah karakter yang menarik, menakutkan, dan kompleks. Mereka adalah lawan yang layak untuk bakat brilian Sherlock. Oleh karena itu ciptakan antagonis yang sepadan bagi protagonismu. Penjahat yang kuat bagi pahlawanmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s