5 Buku Horor Gotik Klasik Wajib Baca

Tenggelam dalam atmosfer gelap, dihantui oleh kekuatan supernatural, dan terjerat dalam kedalaman kompleks sifat manusia, genre horor gotik klasik menawarkan pembaca perjalanan yang menghantui melalui beberapa kisah sastra yang paling abadi dan menawan. Karena itu, novel bergenre ini jadi favorit bagi banyak orang. Termasuk saya. Kalau kamu termasuk pecinta horor, mungkin kamu pernah membaca salah satu dari karya-karya di bawah ini atau menonton adaptasi filmnya. Intip beberapa karya klasik dari genre horor gotik berikut, untuk jadi bacaan kamu selanjutnya:

1. Frankenstein oleh Mary Shelley

Diterbitkan pada tahun 1818, Frankenstein sering dianggap sebagai novel fiksi ilmiah sejati pertama dan landasan sastra gotik. Kisahnya seputar Dokter Victor Frankenstein-seorang pria dengan obsesi ingin menghidupkan kembali orang mati. Dan dia berhasil. Tapi hasilnya bukanlah seperti yang dia bayangkan – ciptaannya itu adalah makhluk, monster, yang sangat ditakuti. Eksplorasi Mary Shelley terhadap tema-tema seperti bahaya ambisi ilmiah yang tidak terkendali, pengejaran pengetahuan, dan tanggung jawab moral pencipta memiliki dampak yang bertahan lama pada genre ini.

2. Dracula oleh Bram Stoker

Dalam novel Dracula yang ikonik, Bram Stoker dengan sempurna menangkap daya pikat menakutkan dan teror misterius dari novel horor gotik. Ketika seorang pengacara bernama Jonathan Harker pergi mengunjungi Count Dracula di kastilnya, terlepas peringatan dari orang-orang di Transylvania, dia mendapati dirinya tertarik pada sang Count. Pada akhirnya, dia menyadari bahwa pesona Count Dracula ternyata menyembunyikan sesuatu yang lebih menyeramkan. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1897, Dracula menggabungkan entri buku harian, surat, dan kliping surat kabar, menciptakan kesan ketegangan yang kental. Jadi jangan lewatkan.

3. The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde

Diterbitkan pada tahun 1886, novel karya Robert Louis Stevenson ini mengeksplorasi sifat ganda manusia melalui karakter Dr. Jekyll dan alter egonya yang mengerikan, Mr. Hyde. John Utterson adalah teman dan pengacara Dr. Jekyll, dan dia mengetahui bahwa temannya yang sangat dihormati itu berurusan dengan seorang pembunuh bernama Mr. Hyde. John mengira Mr. Hyde sedang memeras temannya, dia mencoba membantunya, tetapi dia gagal menemukan kebenaran sampai semuanya terlambat.

4. The Turn Of The Screw

Tidak banyak orang yang mengetahui hal ini, tetapi serial superhit Netflix karya Mike Flanagan The Haunting of Bly Manor sebenarnya adalah adaptasi novel gotik The Turn of The Screw. Ditulis pada tahun 1898 oleh Henry James, novel ini dianggap sebagai salah satu kisah psikologis paling menakutkan. Seorang pengasuh muda mengasuh dua anak, Miles dan Flora, yang bertingkah aneh. Instruksinya untuk pekerjaan itu sederhana: jangan tinggalkan anak-anak, jangan bertanya tentang rumah. Tapi ketika rumah itu terbukti berhantu, semua hal itu akan sangat sulit ditolak. Novel ini dapat dinikmati sebagai cerita hantu sederhana, tetapi hampir tidak mungkin untuk membacanya tanpa bertanya-tanya apakah pengasuh muda yang tidak berpengalaman itu kehilangan akal sehatnya.

5. The Picture of Dorian Grey

Dirilis pada tahun 1890, novel karya Oscar Wilde bercerita tentang seorang pria muda dan sangat tampan bernama Dorian Grey yang tergila-gila dengan kemudaan dan ketampanannya sendiri. Dipengaruhi oleh Lord Henry Wotton yang hedonistik, Dorian berharap potret dirinya akan menua dan menanggung akibat dari semua tindakan jahatnya alih-alih dirinya sendiri. Saat Dorian mengejar kehidupan pesta pora, dia tetap tidak tersentuh oleh dosa-dosanya, sementara potretnya semakin terdistorsi dan mengerikan. Novel ini mengeksplorasi tema kesombongan, pengejaran kesenangan, korupsi jiwa, dan konsekuensi menjalani kehidupan tanpa batas moral. Pada akhirnya, gaya hidup Dorian dan penolakan untuk menghadapi konsekuensi tindakannya menyebabkan klimaks yang tragis dan menghantui.

Leave a comment