5 Film Hayao Miyazaki Wajib Tonton 

Hayao Miyazaki adalah salah satu animator terhebat sepanjang masa. Selama lebih dari 50 tahun karirnya, dia telah mendapatkan banyak penghargaan, termasuk Oscar. Sutradara asal Jepang dan salah satu pendiri Studio Ghibli ini telah menghasilkan beberapa film paling ikonik seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan memberikan daftar lima film Hayao Miyazaki untuk mengisi liburan kamu. Selamat menonton 🙂

1. Spirited Away

Spirited Away adalah film yang menceritakan tentang Chihiro, seorang gadis muda yang menemukan dirinya tersesat di dunia roh setelah orang tuanya ditahan dan dikutuk menjadi babi. Chihiro pun mulai bekerja di pemandian penyihir di dunia roh sampai dia dapat menemukan cara untuk kembali ke dunia manusia dan membebaskan orang tuanya.

Film ini secara visual dan naratif sangatlah kreatif. Setiap detiknya terasa sangat hidup. Tak heran kalau Spirited Away diganjar Best Animated Feature di Oscar tahun 2003.

2. My Neighbor Totoro  

Saya rasa My Neighbor Totoro adalah film Hayao Miyazaki yang paling ikonik. Film ini mengikuti kisah dua gadis kecil yang pindah ke rumah baru di tepi hutan misterius. Dua gadis tersebut akhirnya mengetahui bahwa makhluk ajaib bernama Totoro tinggal di hutan dan ikut dalam petualangan yang seru. Hayao Miyazaki dengan piawai melewati batas antara genre fantasi dan drama. Desain karakter animasi Totoro begitu mendunia dan score music film ini juga menyenangkan tapi mandalam. Jadi jangan lewatkan film ini ya.

3. Princess Mononoke

Princess Mononoke bercerita tentang seorang ksatria muda bernama Ashitaka yang membunuh mahkluk yang telah terinfeksi menjadi iblis. Pertarungan Ashitaka dan mahkluk tersebut mengakibatkan Ashitaka ikut terinfeksi. Dalam perjalanannya mencari kesembuhan, Ashitaka harus berhadapan dengan konflik antara Putri Mononoke dan komunitas manusia yang tinggal berdekatan. Film Princess Mononoke sangatlah menggugah, dengan indah menceritakan kisah perusakan lingkungan. Sebuah kisah yang masih relevan dengan dunia kita saat ini.

4. Kiki’s Delivery Service

Kiki’s Delivery Service menceritakan kisah seorang penyihir muda yang meninggalkan rumah selama setahun untuk mengasah kemampuannya. Sulit untuk tidak menyukai Kiki’s Delivery Service, film ini menampilkan protagonis yang lebih kompleks, narasi yang memikat, dan setting yang menarik.

Temanya berada di seputar perasaan kesepian, kesedihan, dan juga kegagalan. Meski temanya terdengar berat tapi film ini sarat dengan adegan seru yang menyenangkan.

5. Howl’s Moving Castle

Diangkat dari novel fantasi karya Diana Wynne Jones dengan judul yang sama, film ini mengikuti sang protagonis bernama Sophie yang berubah menjadi wanita tua karena kutukan. Untuk menyembuhkan dirinya sendiri, dia mencari penyihir terkenal, Howl, yang bersembunyi di dalam kastilnya yang bergerak. Film ini cukup kompleks dengan adegan pertempuran yang sering muncul. Karakter-karakternya juga tidak sepenuhnya buruk atau baik. Mereka sedikit dari keduanya. Dan itulah mengapa saya akan selalu menyukai film ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s