5 Tanda Kamu Mengalami Burnout

Sebagian besar dari kita mengalami hari-hari ketika kita merasa bosan, kelelahan, menanggung beban yang berat. Mungkin ada hari-hari di mana kita harus menyeret diri kita hanya untuk bangkit dari tempat tidur. Jika kamu sering merasa seperti ini, mungkin kamu sedang menuju pada kondisi burnout.

Menurut psychologytoday.com burnout adalah keadaan kelelahan emosional, mental, dan seringkali fisik yang disebabkan oleh stres yang berkepanjangan atau berulang. Meskipun paling sering disebabkan oleh masalah di tempat kerja, itu juga dapat muncul di area kehidupan lain.

Kondisi burnout akan mengurangi produktivitas dan menguras energi kamu, membuat kamu merasa semakin tidak berdaya, putus asa, sinis, dan kesal.

Seperti yang dilansir dari Healthline.com berikut adalah tanda-tanda burnout:

Kelelahan. Merasa terkuras secara fisik dan emosional. Gejala fisik mungkin termasuk sakit kepala, sakit perut, dan nafsu makan atau perubahan tidur.

Isolasi. Orang dengan burnout cenderung merasa kewalahan. Akibatnya, mereka mungkin berhenti bersosialisasi dan curhat pada teman, anggota keluarga, dan rekan kerja.

Berfantasi untuk melarikan diri. Tidak puas dengan tuntutan pekerjaan yang tidak pernah berakhir, orang-orang dengan burnout mungkin berfantasi tentang melarikan diri atau pergi berlibur sendirian. Dalam kasus ekstrim bisa beralih ke obat-obatan, alkohol, atau makanan sebagai cara untuk mematikan rasa sakit emosional mereka.

Mudah marah. Burnout bisa menyebabkan orang kehilangan ketenangan dengan lebih mudah. Mempersiapkan rapat kerja, mengantar anak ke sekolah, mengurus tugas rumah tangga mungkin mulai terasa tidak dapat diatasi, terutama ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

Penyakit yang sering dialami. Kelelahan, seperti stres jangka panjang lainnya, dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu lebih rentan terhadap pilek, flu, dan insomnia. Burnout juga bisa menyebabkan depresi dan kecemasan.

Menemukan tanda-tanda peringatan bahwa kamu mungkin akan mengalami burnout kemudian meluangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai dapat membantumu mencegahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s