4 Cara Menciptakan Latar Belakang (Backstory) Karakter di Novel Anda

Anda dapat membuat backstory untuk karakter Anda kapan pun Anda mau, tergantung dengan kreatifitas Anda tentu saja. Misalnya Anda telah memutuskan bahwa Anda siap untuk mengembangkan backstory untuk karakter bernama Abimanyu. Anda merenungkan Abimanyu untuk beberapa lama. Keluarkan buku catatan Anda atau buka dokumen baru di komputer, dan tuliskan Backstory untuk Abimanyu. Kemudian lakukan hal berikut:

1. Gambarkan karakter Anda.

Menulis langsung dan cepat. Ini adalah karya kreatif, jadi jangan buang waktu untuk terus mengedit sendiri. Anda bisa mengedit backstory tersebut besok. Hari ini, ambil saja. Seperti apa Abimanyu? Tuliskan ulang tahunnya, bagaimana matanya, warna rambut dan lain sebagainya yang menurut Anda penting.

2. Menulis tentang kelahirannya, masa kecilnya, dan masa remaja.

Di mana Abimanyu lahir? Siapa orang tuanya (dan kakek nenek jika Anda tahu tentang mereka)? Apa kenangan pertamanya? Apa hal terburuk yang terjadi padanya saat masih kecil? Apa yang menjadi pelajaran favoritnya di sekolah dasar, dan apa yang paling dibencinya? Mengapa?

Jangan berhenti sampai di situ. Tuliskan tentang masa-masa remaja. Apakah Abimanyu anak yang populer, atau nerd? Apakah dia pacaran, jika iya, seperti apa pacarnya? Apakah dia meninggalkan pacarnya atau apakah mereka menikah?

character 33. Bawa karakter Anda sampai dewasa.

Jika cerita Anda dimulai saat karakter Anda dewasa, tentu tahapan ini berlaku. Apakah Abimanyu masuk ke perguruan tinggi atau menjadi tentara atau atlet atau apa pun yang dilakukan Abimanyu saat dia beranjak dewasa. Dapatkan semuanya, yang baik, yang buruk, yang mengerikan. Apa traumanya? Siapa teman dan keluarganya? Siapa musuhnya? Dapatkan di atas kertas. Bukan hanya yang bagus-bagus saja.

4. Wawancara karakter Anda

Tanyakan apa yang Abimanyu pelajari. Bagaimana dia melihat situasinya sekarang? Yang terpenting, apa yang ingin dia ubah tentang hidupnya? Apa yang dia ingin lakukan yang dia tidak bisa? Apa yang dia inginkan tapi dia tidak bisa? Anda perlu mengetahuinya, karena itu akan menentukan seperti apa masa depan Abimanyu nantinya.

Nah, sekarang Anda mempunyai banyak detail dari latar belakang Abimanyu. Anda akan menemukan informasi ini sangat membantu saat Anda terus mengembangkan cerita Anda. Tentu saja ini belum selesai. Anda pasti akan terus menambahkan backstory Abimanyu untuk beberapa lama. Yang penting bagi Anda adalah menuliskannya sehingga Anda tidak kehilangannya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s