5 Cara Mengidentifikasi Novel Ideal Untuk Anda Tulis Part (1):

Anda bisa menulis novel yang paling ingin Anda baca, atau menulis novel yang paling cocok untuk Anda tulis. Terkadang itu tidak sama. Banyak penulis novel yang sukses suka membaca novel-novel fiksi sastra tapi tidak memiliki gaya tulisan yang harus dimiliki seorang penulis sastra.

Dunia ini penuh dengan penulis novel romance yang menikmati membaca fiksi ilmiah, penulis misteri yang menyukai membaca novel romantis, dan para penggemar novel suspense yang menulis fiksi sejarah. Salah satu persyaratan untuk menulis sebuah novel adalah Anda membaca genre pilihan Anda agar dapat menulisnya dengan baik.

Membaca dan menulis saling terkait satu sama lain, tapi bukanlah hal yang sama. Jadi jangan merasa bersalah jika selera bacaan dan tulisan Anda agak berbeda.

Di sisi lain, jika Anda memilih menulis jenis buku yang ingin Anda baca, maka Anda akan maju tiga langkah di depan, karena Anda sudah mengetahui hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Dan Anda tahu apa yang akan membuat pembaca tertarik dan apa yang tidak.

Bagaimana jika Anda tidak yakin jenis novel yang paling cocok untuk Anda tulis? Poin-poin berikut mungkin dapat membantu Anda memutuskan:

Lihat apa yang Anda suka baca:

Meskipun mengetahui jenis buku yang Anda sukai untuk dibaca, bukan prasyarat untuk menentukan jenis buku yang harus Anda tulis, tapi bisa membantu Anda mengungkapkan kekuatan Anda. Berikut adalah cara menganalisis bacaan Anda:

1. Buatlah inventarisasi kebiasaan membaca Anda:
Buat daftar berikut:
a) Sepuluh novel yang paling Anda cintai.
b) Sepuluh novel terbaru yang Anda baca.
c) Sepuluh novel yang telah mempengaruhi Anda secara mendalam.

Anda tidak harus kaku dengan daftar ini. Jika setiap daftar tidak terdiri dari sepuluh novel, jangan khawatir. Intinya adalah melihat apa pola bacaan Anda.

books 12. Menganalisis kesamaan apa yang dimiliki buku-buku tersebut.
Apakah mereka semua berasal dari genre yang serupa (semuanya misteri, misalnya, atau semuanya romance, fantasi?) Ini memberi Anda petunjuk tentang genre yang paling sesuai untuk Anda.

Apakah mereka semua memiliki setting yang sama? Jenis karakter utama yang sama? Jenis plot yang sama? Tema yang sama? Apakah mereka semua ditulis dengan gaya yang kuat? Jawaban Anda memberi Anda petunjuk tentang kekuatan Anda seperti dunia cerita, karakter, plot, tema, atau gaya cerita penulis.

3. Buatlah daftar sepuluh buku yang paling tidak Anda sukai dan pikirkan bagaimana novel-novel ini berbeda dari yang Anda cantumkan di poin 1.

Apakah daftar ini menunjukkan genre apa pun yang pasti tidak ingin Anda tulis? Segala jenis plot yang tidak Anda sukai? Tema yang tidak ingin Anda jelajahi? Gaya yang akan membuat Anda malu untuk menangis? mengetahui apa yang tidak ingin Anda tulis dapat membantu Anda mempersempit daftar apa yang harus Anda lakukan.

4. Lengkapi kalimat ini: Jenis buku yang paling saya suka baca di seluruh dunia adalah …..

Ini mungkin bukan jenis buku yang ingin Anda tulis, tapi Anda mungkin ingin menggabungkan beberapa elemen buku yang ingin Anda baca ke dalam karya Anda sendiri.

Baca juga 5 Cara Mengidentifikasi Novel Ideal Untuk Anda Tulis Part (2)

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “5 Cara Mengidentifikasi Novel Ideal Untuk Anda Tulis Part (1):

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s