5 Cara Mengidentifikasi Novel Ideal Untuk Anda Tulis Part (2)

Pada postingan sebelumnya Anda sudah melihat empat poin bagaimana menganalisis bacaan Anda agar bisa memutuskan novel yang paling cocok untuk Anda tulis. Nah, sekarang adalah poin terakhir. Semoga membantu 🙂

5. Pikirkan tentang apa yang Anda suka tulis.

Setelah Anda memiliki beberapa gagasan tentang jenis buku yang ingin Anda tulis, yang Anda perlukan juga adalah mampu menjelaskan apa yang ingin Anda tulis secara terperinci. Karena pada akhirnya, Anda akan menjelaskannya kepada editor.

Pertanyaan-pertanyaan berikut akan menolong Anda untuk mengidentifikasikan novel yang ideal untuk Anda:

A) Penulis mana yang paling Anda sukai tulisannya? Tidak bermaksud menyalin karena gaya Anda akan unik, tapi mempunyai penulis yang tulisannya Anda sukai dapat menjadi contoh yang baik. Tuliskan nama dua atau tiga penulis yang gayanya dekat dengan apa yang Anda bayangkan.

B)  Genre apa yang paling Anda minati? Genre khas meliputi romance, thriller, misteri, sejarah, fiksi ilmiah, fantasi, horor, sastra, inspirasional, dan sebagainya. Anda boleh mencampur genre tentu saja, tapi salah satunya pasti ada yang akan lebih dominan.

C) Elemen cerita apa yang paling Anda minati? Apakah Anda ingin menulis cerita dengan dunia cerita yang kompleks? Karakter yang dalam? Tema yang hebat? Gaya yang unik? Pilihlah apa yang ingin Anda tulis, bukan Anda pikir orang mengharapkan Anda tulis.

D)  Di mana dan kapan Anda ingin cerita Anda bersetting? Sebutkan sebuah tempat dan periode tertentu.

book 13E)  Apa latar belakang atau pengalaman khusus yang bisa Anda kaitkan dengan novel Anda? Jika Anda dibesarkan di Mesir, misalnya, Anda mempunyai kedekatan terhadap setting atau nuansa tentang Mesir yang mungkin bisa Anda tuliskan dalam novel Anda.

F)  Novel apa yang paling ingin Anda tulis? Sebuah novel pendek yang memuat sekitar 60.000 kata. Atau novel yang lebih dari 120.000 kata. Jika Anda mungkin menginginkan yang lebih panjang dari itu, mungkin Anda tertarik pada saga, atau seri.

Baca juga: 5 Cara Mengidentifikasi Novel Ideal Untuk Anda Tulis Part (1):

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s