20 Cara Mencari Inspirasi Menulis

“Selembar kertas kosong adalah cara Tuhan untuk mengatakan kepada kita [penulis] tentang betapa sulitnya menjadi Tuhan.” ~Sidney Sheldon~

Salah satu hal yang paling menyebalkan bagi kita para penulis adalah duduk di depan blank page laptop tanpa ide sama sekali. Seberapa sering Anda menghadapinya? Kalau saya tidak terhitung. Lalu bagaimana saya mengatasinya hingga saya mampu menyelesaikan novel saya satu per satu? Satu kata INSPIRASI. Yang kita butuhkan adalah terinspirasi. Tapi bagaimana caranya? Karena kita tidak mungkin menunggu inspirasi itu datang lama-lama bukan? Nah coba cek 20 cara di bawah ini yang dapat Anda lakukan untuk mendapat inspirasi dalam menulis.

1. Membaca.

o-reading-pile-of-books-facebook

Ada begitu banyak manfaat dalam membaca buku terutama bagi para penulis. Membaca dapat mengaktifkan otak kita, Writers, sehingga otak tidak akan kehilangan kekuatannya. Sebuah novel yang bagus ternyata juga dapat mengurangi stress, belum lagi dengan membaca Anda juga bisa menambah kosa kata baru. Jadi kalau kehilangan inspirasi, ambillah sebuah buku yang bagus dan bacalah.

2. Mendengarkan Musik.

musicMusik adalah salah satu pengaruh positif yang telah terbukti. Entah itu lagu kesukaan kita, Band favorit, musik klasik, bisa apa saja. Karena satu lagu dapat menarik mood Anda, membuat Anda relaks, sehingga Anda dapat berkonsentrasi untuk menulis. Pengalaman saya pribadi, untuk setiap novel saya mempunyai lagu tema masing-masing. Lagu tema saya dalam menulis City of Heroes adalah Man on a Wire, The Script dan Dave Koz, Together Again. Ketika menulis Tofi Perburuan Bintang Sirius lagu tema saya adalah Rule The World, Take That. Lagu dan musik tersebut mengantarkan saya untuk menyelesaikan novel demi novel. Tidak pernah saya menulis novel tanpa satu lagu tema yang menemani.

3. Menyanyi di Kamar Mandi?

Oh ayolah, semua orang pernah menyanyi saat mandi kan? Atau kalau tidak PD dengan suara sendiri menggumam-gumam lirik lagu? Pasti pernah kan? Terlepas dari bagus atau tidaknya suara kita, menyanyi adalah salah satu cara untuk terapi lho. Secara emosional menyanyi dapat meningkatkan kepercayaan diri kita, mengurangi stress, membangun kreativitas, dan masih banyak lagi. Jadi menyanyilah!.

4. Menulis dengan Tangan.

Dengan teknologi yang berkembang sangat pesat belakangan ini, kita sudah jarang menggunakan pulpen dan kertas saat menulis. Cobalah tutup laptop Anda dan ambillah jurnal, kertas dan pulpen, tulislah apa yang ada di pikiran Anda tanpa terlalu over thinking. Ketika selesai bacalah apa yang telah Anda tulis, siapa tahu ada ide yang berguna di sana. Atau inspirasi tiba-tiba datang, siapa tahu kan?

5. Mendengarkan Orang Lain.

listeningPekerjaan menulis memang membutuhkan kesendirian, bahkan seringkali kita lebih senang mengisolasi diri daripada bersosialisasi. Saya adalah orang yang mendapatkan energi ketika saya sendirian. Meski begitu saya tahu kapan saya harus bertemu dengan teman-teman dan mendengarkan mereka, atau sekedar bercerita tentang keadaan saya. Itu sangat menolong. Para penulis adalah seseorang yang tidak pernah menganggap kisah orang lain sambil lalu, kita adalah pendengar, dan dalam kisah orang lain kita selalu bisa mendapatkan ide ketika orang lain tidak.

6. Tertawa.

laughingBertemanlah dengan orang-orang yang dapat membuat Anda tertawa. Atau tonton saja komedi favoritmu. Karena humor dan tawa dapat menstimulus kedua sisi otak kita untuk meningkatkan pembelajaran, dengan mengaktifkan sistem limbik di otak. Sistem limbik berhubungan dengan emosi, gairah dan kenangan. Humor juga dapat melepaskan tekanan, yang merupakan komponen utama dari kerativitas.

7. Ubah Pemandangan.

Apakah Anda bekerja di kantor? Di kamar pribadi? Cobalah untuk pindah tempat sejenak. Pergi ke kamar lain, ke halaman, atau salah satu area di rumah yang dapat memberi suasana lain. Kalau Anda seharian duduk, cobalah berdiri, berjalan-jalan sekitar rumah, ke dapur membuat teh atau kopi, bergeraklah, tidak perlu banyak, tapi bergerak memungkinkan Anda untuk menyegarkan otak, ketika itu terjadi maka kreativitas akan mengalir.

8. Bawalah Kamera dan Pergilah Keluar.

mum-taking-photoIde berjalan-jalan di luar kompleks, ke taman adalah ide yang bagus. Tapi bawalah kamera Anda, tidak punya kamera profesional tidak masalah, masih ada kamera handphone. Duduklah, perhatikan sekeliling, potretlah sesuatu yang menarik, tapi jangan lupa untuk membawa jurnal, karena ketika ide datang, percayalah, Writers, Anda tidak ingin itu lenyap begitu saja.

9. Pergi Keluar, Tarik Napas dalam-dalam, dan Dengar.

Apa yang didengar? Simfoni alam. Duh kedengarannya lame atau terlalu berlebihan. Tapi nggak juga kok. Duduklah di taman atau di tempat yang Anda sukai. Nikmati simfoni di sekeliling Anda. Apakah itu kicauan burung, daun gemeresak ditiup angin, orang-orang tertawa, gemericik air, atau bunyi hujan. Saya memiliki seorang teman yang menyukai bau tanah yang basah disiram hujan, dia menyukai berdiri menyaksikan hujan, dan selalu merasa terinspirasi akan itu. Tidak ada yang bisa menandingi suara alam, begitu indah dan menginspirasi. Tidak percaya? Coba saja.

10. Menggambar atau Melukis Pemandangan di Luar.

girl-colorBagi Anda yang hobi menggambar atau bahkan melukis, aktivitas ini jangan sampai dilewatkan apalagi ketika Anda merasa kehabisan inspirasi dalam menulis. Karena menggambar dan melukis dapat merangsang kedua belahan otak kiri dan otak kanan, sehingga dapat memaksimalkan logika dan rasionalitas, juga dapat meningkatkan kreativitas. Lukisan dapat meningkatkan imajinasi dan kekuatan memori. Jadi jangan remehkan keahlian menggambar atau melukis Anda, Writers.

11. Lihat Sesuatu yang Hijau dan Biru.

Para peneliti mengklaim bahwa dua warna ini dapat mempengaruhi kreativitas kita. Jadi kalau memang memungkinkan melihat langit, atau laut, juga pepohonan kenapa tidak dilakukan?.

12. Buka Kembali Karya-Karya di Masa Lalu.

Bisa sebuah tulisan di blog, cerpen atau puisi yang pernah dimuat di majalah, sebuah lukisan atau sebuah proyek yang pernah Anda buat di masa lalu. Kita dapat merasakan kembali kenangan juga rasa bangga terhadap diri kita sendiri. Sejauh apa yang telah kita capai dan hal itu tentu bisa membuat kita bahagia. Tentu saja itu juga mungkin memicu inspirasi baru.

13. Bermain Game.

bird_red

Permainan yang saya maksud dalam hal ini adalah permainan yang berkaitan dengan kalimat atau kata-kata. Scrabble bisa jadi salah satunya, atau Anda dapat memilih satu kata dan tulislah apa saja yang muncul dalam pikiran Anda saat kata itu disebut. Bisa juga Anda mengambil satu kalimat dari buku atau novel lalu jadikan kalimat itu petunjuk untuk menulis sesuatu, karena aktivitas ini sangat bisa memacu imajinasi, Writers.

14. Pikirkan Sesuatu yang Berbeda.

Berpikir tentang hal yang sama atau masalah yang sama setiap kali tentu akan membuat kita berhadapan dengan jalan buntu yang sama. Bagaimana kalau mencoba berpikir sesuatu yang tidak berhubungan dengan tulisan Anda? Misalnya, coba bayangkan apa yang akan Writers lakukan atau capai 10 tahun lagi?.

15. Berolah raga.

Aktivitas fisik sangat baik untuk tubuh dan jiwa, Writers. Selain untuk menguatkan tubuh, olah raga juga dapat memicu kimia di otak kita sehingga kita menjadi lebih bahagia dan relaks. Olah raga bisa mengurangi stress dan depresi, jadi jika kehabisan inspirasi, tidak ada salahnya Anda pergi berenang, lari atau melakukan olah raga favorit Anda yang lain.

16. Mencoba Sesuatu yang Baru.

Kreativitas Anda akan tertantang jika Anda mencoba sesuatu yang baru. Itu dapat memicu inspirasi Anda. Misalnya mencoba resep dessert baru dari majalah yang menggugah selera? Hmm….sweet!.

17. Tidur.

Tutup laptop Anda, jangan terlalu dipaksakan terus di depan laptop jika itu buntu. Cobalah untuk tidur. Tidur dapat berguna untuk menyegarkan tubuh dan pikiran kita.

18. Membuat Kreasi Buatan Tangan.

Di sekolah, Anda pasti pernah diajarkan membuat kreativitas dengan tangan. Seperti menjahit, menyulam, merajut, merangkai bunga atau membuat prakarya dari barang-barang yang sudah terpakai. Berkreasi dengan tangan Anda dapat membantu menyegarkan proses berpikir Anda. Sehingga dapat mengundang masuk sebuah inspirasi baru.

19. Traveling terutama Ke Negara Lain.

remarkable-changes-after-travelingErnest Hemingway adalah salah satu penulis yang seumur hidupnya senang bepergian dan berpetualang ke negara-negara lain. Travel membuat pikiran kita lebih terbuka, Writers. Berada di tempat baru dapat memaksa kreativitas Anda bekerja. Tidak hanya Anda mampu melihat sesuatu yang baru di sana setiap harinya, tapi Anda juga dapat melihat hal yang baru tersebut dengan pencerahan baru yang tidak dapat Anda ketahui di negara Anda.

20. Temukan Apa yang bisa Memicu Kreativitas Anda.

Setiap penulis pasti memiliki hal ini. Jika Anda belum memilikinya, coba temukanlah. Seperti Victor Hugo tidak bisa bekerja tanpa mencium bau kopi, Haruki Murakami akan berlari 10 kilometer dan berenang sebanyak 1500 meter ketika mengerjakan sebuah proyek novel, atau saya misalnya, saya tidak akan mulai menulis tanpa mendengar sebuah lagu. Semua orang dapat mengidentifikasi kebiasaan yang dapat membangunkan kreativitasnya.

Semoga 20 cara di atas bisa membantu Anda untuk mendapat inspirasi dalam menulis. Jangan pernah langsung menyerah jika Writers menghadapi jalan buntu atau dua kata ini: writer’s block. Tahun ini saya memasuki tahun ke 11 dalam menulis, jadi saya berani bilang apa pun yang membuat ide tidak keluar, semua itu pasti bisa diatasi.

Yuk, bergabung dengan kami untuk mendapatkan lebih banyak lagi inspirasi menulis. Silakan klaim buku gratis Anda di sini

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s