Bacaan Generasi 90

Bila masa remaja Anda Twitter, Facebook, Instagram dan Snapchat belum ada, Anda pasti menghabiskan waktu luangmu untuk membaca buku. Bagi generasi 90-an membaca adalah suatu kesenangan, pokoknya tidak ada yang tahu lebih baik dari anak-anak tahun 90 an untuk tersesat dalam karakter favorit dan membiarkan imajinasi mereka berjalan liar, semuanya itu adalah berkat 8 buku seri ini:

GOOSEBUMPS

goosebumpSaya mulai membaca Goosebumps sejak duduk di kelas dua SMP atau sekarang disebut kelas delapan. Sampai-sampai terobsesi mengoleksi puluhan serinya, sayangnya karena dipinjam oleh teman-teman dan saya lupa untuk memintanya kembali yang tersisa hanya tinggal dua buku sekarang. Sampai hari ini, cerita seram R.L Stine masih mengirimkan sensasi goosebumps jika dibaca. Filmnya yang diperankan Jack Black, Dylan Minnette, dan Odeya Rush juga asyik untuk ditonton, seperti mengembalikan kenangan Goosebumps tahun 90.

ANIMORPHS

animorphBagi generasi 90-an, seri Animorphs mewakili kisah alien dan science fiction yang seru. Di mana lima remaja dan satu alien harus menyembunyikan identitas mereka dan berperang melawan penyusupan ras parasit alien yang menyerupai siput besar disebut Yeerk. Yeerk dapat mengambil alih setiap makhluk hidup dengan masuk melalui saluran telinga lalu mereka akan menguasai otak makhluk tersebut. Seru kan?

LIMA SEKAWAN

lima-sekawanTidak ada generasi 90-an yang tidak mengenal novel ini. Lima Sekawan atau The Famous Five dalam judul aslinya. Serial karya Enid Blyton ini bergenre detektif, menceritakan petualangan lima sahabat yaitu Julian, Dick, Anne, dan George juga anjing mereka Timmy dalam memecahkan kasus-kasus misteri.

Setting cerita ini, biasanya di pedesaan dan tempat yang memungkinkan anak-anak menemukan kesenangan di cottage, pulau-pulau, pedesaan dan pantai di Inggris dan Welsh, atau juga perjalanan sepeda dan berenang, piknik, camping, dan sebagainya. Jadi sambil berpetualangan, kita juga dapat memecahkan misteri yang ada.

STOP

Selain Lima Sekawan, ada lagi serial detektif remaja karangan Stefan Wolf. Serial ini termasuk serial detektif terlaris di Eropa. STOP sebenarnya bukan judul asli buku seri ini, judul aslinya adalah TKKG singkatan dari nama-nama karakter utam di buku ini, yaitu Tim, Karl, Klosschen, dan Gaby. Diganti menjadi STOP supaya lebih mudah untuk disebutkan pembaca Indonesia. Kisah STOP tidak jauh dari memecahkan berbagai kasus-kasus kriminal.

LUPUS

lupusDari negeri sendiri, tak kalah membanggakan adalah sebuah serial yang hits dan hype banget tahun 90-an, yaitu LUPUS!! Karakter utama serial ini adalah seorang remaja SMA bernama Lupus. Dengan rambut berjambul dan permen karetnya, tokoh ini memiliki tempat tersendiri bagi remaja 90an. Novel karangan Hilman ini merupakan novel komedi, lengkap dengan karakter-karakter pendamping Lupus yang lucu, siap mengocok perut kita semua. Jangan berani bilang Anda anak 90 kalau belum pernah baca Lupus.

SWEET VALLEY HIGH

sweetSebelum serial Gossip Girls dan Mean Girls merajai era perfilman dan pertelevisian kita sekarang, Sweet Valley High sudah menancapkan giginya dengan intrik para cewek, rebutan cowok terkeren satu sekolah, dan persaingan antar saudara kembar yaitu Jessica dan Elizabeth Wakefield. Tentang persahabatan, cinta, persaingan dan keluarga. You just can’t get enough! Guilty pleasure if I must confess lol.

HARRY POTTER

harry-potter-and-the-philosophers-stone-2Ketujuh novel Harry Potter dirilis selama 10 tahun. Seri yang terakhir Deathly Hallows terbit tahun 2007 yang lalu. Itu artinya para penggemar Harry Potter telah setia sejak buku pertama Harry Potter and the Philosopher’s Stone terbit tahun 1997. Bagi anak-anak tahun 90-an, Harry, Ron dan Hermione adalah teman masa kecil kita, kita beranjak dewasa bersama mereka juga dengan para aktor-aktornya. Dan imajinasi yang dibawakan oleh J.K Rowling membuat siapa pun merasa Hogwarts begitu nyata, karenanya kita begitu setia pada Harry.

GIRL TALK

girl-talkSaya membaca buku serial ini sejak mendapatkan hadiah dari majalah Gadis. Majalah Gadis pada saat itu menyisipkan satu episode sebagai hadiah gratis. Sejak saat itu saya mengumpulkan buku seri ini. Tentang persahabatan empat orang remaja dengan kisah khas remaja, pencarian jati diri tapi tidak berat. Sangat ringan, menghibur dengan karakter-karakter sangat unik. Kisah-kisah yang diangkat juga sangat 90. Misalnya menjadi bintang televisi, berebut peran utama di teater dengan outfit sangat 90. Pokoknya Girl Talk dapat membuat kamu kangen pada era 90. Empat cewek remaja yang berbeda bersahabat, dan menemukan perbedaan mereka justru mengikat bukan sebaliknya.

Bagi Anda yang senang menulis, silakan download buku gratis dari kami di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s