Rekomendasi: Buku Paulo Coelho

Paulo Coelho adalah seorang penulis Brasil yang terkenal dengan karyanya The Alchemist. Ceritanya yang unik, tidak konvensional dan sering terkesan magis membuat sebagian orang tidak selalu menyukai buku-bukunya. Bagi saya pribadi ada buku-bukunya yang bukan menjadi santapan saya, tetapi ada beberapa buku-bukunya yang benar-benar memikat dan menyentuh saya. Berikut adalah 4 diantaranya:

The Alchemist

Ada sebagian orang berpendapat kalau The Alchemist tak lebih dari sebuah self-help book. Kalau saya melihatnya sebagai cerita fiksi yang memikat tentang seorang bernama Santiago yang melakukan perjalanan untuk menemukan legenda pribadinya yang muncul dari mimpi-mimpinya. Buku ini sederhana, namun mendalam. Saya pikir seperti Santiago, setiap orang melakukan perjalanannya sendiri untuk menemukan dirinya sendiri. The Alchemist adalah bacaan yang cepat, menyenangkan dan penuh makna yang memberi saya perspektif baru tentang hidup.  

Veronika Decides to Die

Suatu hari Veronika memutuskan untuk mati. Dia menelan obat tidur dan tidak sadarkan diri, lalu terbangun di sebuah rumah sakit jiwa yang ditakuti di negaranya Slovenia. Dia kemudian diberitahu oleh dokter bahwa dia akan mati dalam waktu lima hari karena telah mengalami kerusakan hati.

Novel ini mungkin terinspirasi oleh pengalaman Paulo Coelho sendiri. Saat dia berkata ingin menjadi seorang penulis, reaksi orang tuanya adalah memasukkannya ke rumah sakit jiwa sebanyak tiga kali dan menjalani terapi kejut listrik.

Veronika Decides to Die adalah buku berani yang mempertanyakan arti kegilaan dan merayakan individu-individu yang tidak sesuai dengan kenormalan umum di masyarakat. Kisah seorang wanita muda di persimpangan keputusasaan dan pembebasan.

The Spy

The Spy menghidupkan kembali kisah nyata dari Margaretha Zelle atau lebih dikenal sebagai Mata Hari, seorang penari eksotis terkenal yang membuat tubuhnya menjadi ikon seksualitas. Pada tahun 1917, atas bukti yang meragukan, dia diadili karena tindakan spionase sebagai mata-mata Jerman dan dieksekusi di hadapan regu tembak Prancis.

Paulo Coelho menggunakan narasi orang pertama, membangkitkan kembali kehidupan Mata Hari melalui surat terakhirnya. Dari penjara, Mata Hari mengungkapkan untuk mengejar kebenarannya sendiri. Kisah masa kecilnya di sebuah kota kecil di Belanda, kemudian tahun-tahun sebagai istri seorang perwira di tentara kolonial Belanda di Jawa, hingga kebangkitannya yang diperhitungkan menjadi seorang selebriti di Perancis. Di dalamnya ada kesedihan, kesepian, pengkhianatan, gairah, kebebasan dan kemandirian seorang wanita yang tangguh.

The Winner Stands Alone

Dalam buku ini, Paulo Coelho membawa kita ke Festival Film Cannes di mana orang-orang sukses di dunia mode dan sinema berkumpul. Igor, seorang jutawan Rusia, Hamid, seorang tokoh terkemuka fashion dari Timur Tengah, aktris Amerika Gabriela yang sangat ingin mendapatkan peran utama, Jasmine, seorang wanita di ambang karir modeling yang sukses dan seorang detektif kriminal Savoy yang ambisius mengejar puncak karirnya.  Siapa di antara mereka yang akan berhasil mewujudkan mimpinya?

The Winner Stand Alone berbicara tentang uang, ketenaran, ambisi yang digambarkan melalui dunia superclass nan glamor. Juga pembunuhan di tengah-tengah perhelatan besar Festival Film Cannes. Buku ini membuat kita kembali merenungkan persepsi pribadi tentang definisi sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s