4 Tips lagi untuk Mengatasi Reader’s Block

Kita semua melewati masa-masa ketika tidak ada buku yang dapat menarik minat kita. Setiap buku tampak membosankan. Terjadinya reader’s block bagi bookworm biasanya bisa membawa kita pada titik di mana akhirnya kita tidak menyentuh buku lagi. Dan karenanya ini tidak boleh dibiarkan. Bagaimana membuat diri kita mulai suka membaca lagi? Jika dalam postingan sebelum-sebelumnya, cara-cara itu belum berhasil. Atau pun Anda menginginkan tips lain, mungkin tips di bawah ini dapat membantu: 

1. Jangan merasakan itu seperti tugas, tapi Anda harus menikmatinya

Terkadang membaca itu seperti tugas untuk para book lovers. Jujur saja, kita memiliki daftar buku bacaan yang harus dibaca bulan ini atau tahun ini. Dan mau tak mau membaca menjadi seperti tugas bukan ‘teman hangout’ yang mampu menjernihkan pikiran dan menghibur jiwa kita. Membaca seharusnya menyenangkan bukan tugas.

2. Disconnect dengan teknologi

Mengapa kita menghabiskan waktu untuk membaca, membayangkan, dan menciptakan dunia ketika televisi, dunia streaming telah melakukannya untuk kita? Netflix, content-content youtube, serial-serial cable, sangat sulit ditolak hari-hari ini. Ada begitu banyak platform hiburan yang lebih mudah daripada membaca buku. Tapi tidak seperti buku, mereka menyediakannya langsung di depan mata Anda. Dan itu agak membosankan, menurut saya. Saya menonton televisi, dan saya berada di media sosial, tapi ketika saya membaca buku, saya akan memutuskan hubungan itu selama yang dibutuhkan.

This image has an empty alt attribute; its file name is book-holiday.jpg3. Bawalah buku Anda keluar dari gangguan

Terkadang yang dibutuhkan hanyalah keluar dari gangguan atau perubahan pemandangan. Aturlah weekend Anda untuk mengunjungi teman di luar kota, atau mungkin anggota keluarga, atau mungkin menginap di sebuah vila atau tempat peristirahatan untuk membaca. Jika Anda tidak dapat pergi sejauh itu, cobalah cari tempat yang sunyi, duduklah di sana, dan duduk membaca. Yang penting tidak ada gangguan.

4. Jika tidak ada yang berhasil, beristirahatlah dari membaca

Jika tips di atas belum ada yang berhasil, mungkin Anda perlu mengambil waktu jauh dari buku untuk sementara waktu. Habiskanlah waktu itu untuk hobi yang baru atau menonton film-film yang seharusnya sudah Anda tonton. Ketika dua atau tiga minggu jauh dari buku, mungkin Anda bisa mencobanya lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s