Jangan Meminta Maaf untuk Hal-hal Ini

Kita memang perlu meminta maaf ketika melakukan kesalahan dan menyakiti seseorang sebagai cara untuk mengatakan bahwa kita bertanggung jawab dan mengakui rasa sakit mereka. Dan berjanji tidak akan melakukannya di masa depan. Akan tetapi kita tidak perlu meminta maaf karena alasan-alasan di bawah ini:

1.  Menghapus, menghentikan atau memutuskan seseorang dari hidup Anda

Jangan pernah takut melakukan hal ini, jika ada orang-orang dalam hidup Anda melampaui batas toleransi Anda. Tidak selalu untuk mereka yang toxic, terkadang itu hanya berarti Anda tidak kompatibel lagi. Saat kita tumbuh dewasa, ide, pandangan, prinsip, nilai-nilai kita juga berkembang. Dan orang-orang akan mengambil sisi yang berbeda atau bahkan berlawanan dengan Anda. Jadi tidak perlu merasa bersalah jika harus memutuskan hubungan dengan seseorang.

2. Mempertahankan nilai-nilai, prinsip, etika dan kepercayaan Anda

Kita semua memiliki hak untuk mempertahankan hal-hal yang kita yakini. Prinsip dan nilai yang melekat dalam diri kita tanpa harus meminta maaf. Saya pikir hal inilah yang justru membuat Anda unik dan berbeda.

3. Berkata tidak

Menghargai keterbatasan diri sendiri adalah tanda dari rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain. Jika Anda tidak dapat memberikan sesuatu yang maksimal terhadap sesuatu, Anda tidak perlu meminta maaf karena mengatakan tidak. Ada banyak teman yang saya temui mereka mudah berkata iya tetapi tidak ada bobot dalam kata iya tersebut. Hanya janji kosong.

4. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Setiap orang membutuhkan waktu untuk diri sendiri sesekali. Namun banyak orang merasa bersalah karena itu. Tidak ada yang salah untuk perawatan diri dan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

5. Perasaan Anda

Anda berhak merasakan apa yang Anda rasakan, berduka atas kehilangan Anda tanpa dibatasi oleh deadline, bersedih atas suatu peristiwa atau kejadian yang menyakitkan tanpa harus merasa takut dibilang lebay atau terlalu sensitif.

6. Karena Mengikuti Impian Anda

Kehidupan yang dijalani dengan penyesalan tidaklah menyenangkan. Jangan pernah meminta maaf untuk mengejar mimpi karena mimpi itu membuat Anda menjadi diri Anda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s