5 Film dengan Plot Twist Terbaik

Semua orang menyukai plot twist yang bagus. Elemen kejutan terasa begitu menyenangkan. Menurut Vera Tobin seorang peneliti dari Case Western Reserve University dalam bukunya Element of Surprise menjelaskan bahwa kejutan yang baik bekerja dengan memanfaatkan batas mental kita. Interaksi antara plot dan kognisi mengungkapkan ketergantungan dari kejutan, simpati, dan akal sehat. Hasilnya adalah apresiasi baru dari kesenangan yang dimiliki. Jadi sederhananya otak kita menyukai plot twist, karena itu dengan senang hati saya menuliskan 5 film dengan plot twist terbaik berikut ini:

1. Get Out (2017)

Seperti kisah teror yang bagus, premis film Get Out dimulai dengan cukup sederhana. Chris Washington (Daniel Kaluuya) membuat rencana dengan pacarnya, Rose Armitage (Allison Williams), untuk mengunjungi keluarganya di bagian utara New York. Chris sangat gugup karena dia berkulit hitam dan Rose berkulit putih.

Kalau disimpulkan film ini tajam seperti yang jarang sekali dilakukan oleh film-film horor lainnya, meresahkan dan histeris, sering kali pada saat yang bersamaan. Karena itu tidak heran jika film ini memenangkan banyak penghargaan. Dan twistnya benar-benar membuat saya terpesona. Ini film yang suram. Digarap dengan sangat-sangat baik. Dan tidak tertebak.

2. 10 Cloverfield Lane (2016)

10 Cloverfield Lane adalah film thriller yang menegangkan, membuat Anda menebak dan melompat karena permainan kucing-kucingan dalam sebuah bunker. Berkisah tentang Howard yang mengurung orang-orang dalam bunkernya kemudian bercerita tentang akhir dunia, di mana udara di atas telah tercemar dan semua orang sudah mati. Kita akan mengira Howard yang diperankan oleh John Goodman adalah orang gila, delusional yang mempercayai  kebohongannya sendiri.

10 Cloverfield Lane melakukan pekerjaan spektakuler dalam menangkap logika akan  mimpi buruk. Anda merasakan bahaya tapi tidak dapat menjelaskannya. Sepanjang menonton kita akan dihadapkan oleh pertanyaan apakah mungkin orang gila ini mengatakan yang sebenarnya? Lalu ke mana Michelle akan pergi? Bunkernya juga tidak buruk seperti dalam film-film serial killer. Ada banyak buku, makanan bahkan jukebox. Film ini layak ditonton jika Anda mencintai science fiction dan plot twist.

3. Searching (2018)

Film ini memiliki banyak twist yang bagus sebelum ke twist yang sebenarnya yang sangat mengejutkan saya. Ini adalah film yang bagus dan underrated. Kisah seorang ayah yang mencari putrinya yang hilang dengan mengacak-acak laptop anaknya itu dan menemukan bahwa putrinya menyembunyikan banyak hal darinya. Kehilangan anak adalah mimpi buruk yang tak akan pernah dibayangkan oleh orang tua mana pun. Searching memberikan kita film yang merangkul teknologi, media sosial mulai dari tumblr, Venmo, Youcast, Facebook, Face Time, perjuangan ayah dan komentar netizen yang harus dihadapinya. Premisnya bekerja dengan sangat baik dengan ending yang cukup memuaskan.

4. Identity (2003)

Identity adalah film thriller yang akan membuat Anda kaget sekaligus membuat Anda berpikir. Plotnya dapat membuat Anda terkesan atau berkata seperti: Apa-apaan ini?!”

Identity bercerita tentang sepuluh orang asing yang terdampar di sebuah motel dan kemudian satu per satu dari mereka mulai terbunuh. Yang belum terbunuh mencoba mencari tahu siapa pembunuhnya dan pola kematiannya. Pada awalnya, pembunuhan tampak acak. Tapi kemudian tampak jelas bahwa pasti tidak ada yang acak dalam pembunuhan ini, semuanya ada hubungannya dan bersiaplah untuk plot twistnya.

5. The Sixth Sense (1999)

Cole (Haley Joel Osment) yang berusia delapan tahun membisikkan rahasianya kepada psikiaternya Malcolm Crowe (Bruce Willis): ‘Saya melihat orang mati.’ Dihantui oleh kegagalannya untuk membantu mantan pasien, Malcolm Crowe berusaha mendapatkan kepercayaan Cole dan memahami masalahnya, sementara pada saat yang sama terjadi keretakan antara dirinya dan istrinya (Olivia Williams).

Film ini lebih dari sekedar horror psikologis dengan teka-teki, tetapi emosi yang kompleks, acting yang menawan dan plot twist yang mencengangkan yang akan diingat oleh penonton sepanjang masa. Jangan bilang mencintai film dengan plot twist kalau belum menontonnya.

Jadi weekend mendatang mungkin Anda bisa menonton salah satu dari film-film di atas. Selamat Menonton 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s