Rekomendasi: 5 Novel Detektif

Misteri pembunuhan adalah satu-satunya genre buku yang secara konsisten menawarkan kesempatan agar para pembaca mencari tahu jalan cerita novel itu sendiri. Sebagai pembaca setia genre ini, saya merasakan sendiri betapa serunya jika saya sebagai pembaca bisa menebak siapa pembunuhnya sebelum diungkapkan di dalam buku. Jika Anda penggemar genre ini di bawah adalah daftar novel detektif yang bisa menjadi koleksi Anda selanjutnya. Atau kalau pun bukan, berikut adalah novel-novel yang layak Anda baca:

1. The girl with The Dragon Tattoo –Stieg Larsson

Buku ini dan serinya terjual 100 juta kopi di seluruh dunia. Menurut Amazon The Girl with The Dragon Tattoo adalah salah satu buku yang paling berpengaruh selama tiga puluh tahun belakangan. Dan saya setuju. Buku ini bercerita tentang seorang jurnalis—Mikael Blomkvist yang diminta pengusaha Henrik Vanger untuk menyelidiki kemungkinan kematian cucunya bertahun-tahun yang lalu. Mikael pun menyewa Lisbeth Salander yang merupakan inti cerita dari ketiga seri novel ini.

Ada misteri yang harus dipecahkan, ada rahasia gelap, elemen ketegangan juga investigasi yang sangat baik. Dan untuk saya pribadi bagaimana Stieg Larsson menciptakan sebuah karakter yang kompleks dibalut trauma masa lalu seperti Lisbeth Salander sangatlah luar biasa.

2. Mystic River –Dennis Lehane

Novel yang mengoyak hati. Mystic River lebih dari sekedar novel misteri dan detektif. Ceritanya dibangun oleh karakter yang mempunyai kedalaman jiwa. Bermula dari tiga sahabat Jimmy, Sean dan Dave yang sedang bermain dan berkelahi di jalan sampai seorang petugas polisi gadungan menghentikan mereka dan membawa Dave masuk ke dalam mobil dan tidak kembali selama empat hari. Setelah Dave ditemukan semuanya berubah. Hidup tidak sama lagi. Sampai bertahun-tahun kemudian ketika anak perempuan Jimmy dibunuh. Buku ini rumit tetapi halus dan penuh emosi. Setiap karakternya hidup. Ketegangannya dibangun dan selalu berhasil. Jadi ini buku yang layak dibaca.

3. Sherlock Holmes – A Study in Scarlet – Arthur Conan Doyle

Para penggemar cerita detektif tentunya tidak asing lagi dengan Sherlock Holmes. Namun jika Anda ingin mulai membaca Sherlock Holmes, mulailah dari A Study in Scarlet. Cerita ini bukan hanya menunjukkan awal dari persahabatan luar biasa Sherlock dan John Watson, tetapi juga menawarkan kisah detektif yang menyenangkan dan latar belakang yang sangat menarik bagi pembunuhnya. Karakter Sherlock yang penyendiri akhirnya menemukan seorang John Watson. Jika Anda penggemar kisah detektif Anda tahu bagaimana Sir Arthur Conan Doyle sanggup menciptakan sebuah dunia di mana kita akan kehilangan diri kita dan tenggelam di dalamnya.

4. The Murder of Roger Ackroyd –Agatha Christie

Tak mungkin bicara kisah detektif tanpa buku-buku karya Agatha Christie. The Murder of Roger Ackroyd adalah salah satu buku Agatha Christie yang direkomendasikan. Novel ini dimulai dengan narator, Dr. James Sheppard, pulang dari mengunjungi Nyonya Ferrars, yang meninggal dalam tidurnya malam sebelumnya. Nyonya Ferrars yang terlibat secara romantis dengan Roger Ackroyd diperas oleh seseorang. Dalam suratnya Nyonya Ferrars akan memberitahu Roger Ackroyd siapa orang misterius itu. Tetapi Roger dibunuh sebelum dia selesai membaca surat itu.

Hercule Poirot, sang detektif cerdas dengan kumis paling fenomenal di semua karakter fiksi 😉 ini tentunya sudah mencurigai sang pembunuh. Plotnya mempesona dan eksekusinya tanpa cela. Akhirnya mengejutkan. Jadi jika Anda bukan penggemar misteri pembunuhan, mungkin buku ini dapat Anda beri kesempatan.

5. In The Woods—Tana French

Tana French adalah salah satu penulis dengan kemampuan menulis fiksi dengan plot yang mengejutkan, karakter dengan banyak dimensi dengan latar belakang yang traumatis. Salah satu buku Tana French yang bisa Anda baca adalah In The Woods.

Plot In The Woods terjalin seputar kisah detektif Rob Ryan yang tidak pernah lupa akan tragedi yang terjadi di masa kecilnya. Dan dia dipaksa menghadapi masa lalunya kembali saat seorang anak perempuan dibunuh di hutan yang sama tempat dia ditemukan dengan sepatu penuh darah orang lain. In The Woods adalah novel yang menakutkan dan memilukan secara bersamaan. Meskipun ada protes dari pembaca karena pertanyaan yang tak terjawab di akhir novel tetapi secara keseluruhan kasusnya terselesaikan dengan akhir yang mengejutkan

4 thoughts on “Rekomendasi: 5 Novel Detektif

    • Hai, salam kenal juga, mulai membaca novel Agatha Christie sebenarnya bisa dari mana saja, tidak perlu dari awal, karena novel-novelnya berdiri sendiri, tetapi kalau mau memulai dari awal cerita Hercule Poirot bisa membacanya di judul The Mysterious Affair at Styles.

      Kalau saya memulainya dengan novel-novelnya yang paling populer dan best review, seperti: The Murder of Roger Ackroyd Murder on the Orient Express, Death on the Nile, A.B.C Murders, Five Little Pigs, dari situ saya akan memilih novel-novelnya yang bersetting di luar Eropa, karena saya ingin mendapatkan suasana yang berbeda dan petualangan yang lebih, tapi itu kembali lagi ke referensi pribadi. Semoga membantu ya 🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s