5 Tips dalam Menulis Novel Fantasi

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar cerita fantasi? Anda mungkin tumbuh besar dengan membaca buku-buku Harry Potter, atau menyaksikan film-film yang diadaptasi dari karya J.R.R Tolkien—The Lord of The Rings. Ya. Fantasi adalah genre sastra yang menampilkan elemen magis dan supranatural yang tidak ada dalam dunia nyata.

Beberapa penulis mengambil latar dunia nyata tapi ditambah dengan unsur-unsur fantastik, banyak yang menciptakan alam semesta yang sepenuhnya imajiner dengan hukum dan populasi berupa makhluk dan ras yang imajiner juga. Beberapa tema yang paling sering ditulis dalam cerita fantasi adalah peri, penyihir, troll, goblin, dunia tersembunyi dengan aliran waktu yang berbeda, dengan alam dan keajaiban yang kuat.

Jika Anda tertarik ingin menulis cerita fantasi berikut adalah tips menulisnya:

1. Membangun dunia cerita Anda.

Langkah pertama dalam menulis novel fantasi adalah membangun dunia. Ada dunia baru yang ingin Anda berikan kepada pembaca. Dan membuat mereka mempercayainya adalah tugas Anda juga. Dunia ini bukan hanya nyata bagi karakter Anda, tetapi nada, gaya cerita Anda dan tema utamanya. Anda mungkin tidak akan mengetahui semuanya di awal cerita tetapi penting untuk meletakkan dasar-dasarnya.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda pertimbangkan saat membangun dunia dalam cerita Anda:

1. Seperti apa infrastruktur dunia Anda?

2. Bagaimana karakter-karakter Anda berinteraksi satu sama lain?

3. Bagaimana mereka berkomunikasi atau bepergian?

4. Apakah dunia di dalam cerita Anda penuh dengan pertikaian, ketentraman, kepalsuan dan sebagainya?

Dalam cerita fantasi, dunia sama pentingnya dengan karakter. Dunia ini akan berinteraksi dan kadang-kadang memicu tindakan dari protagonis. Anda tidak bisa menulis karakter yang realistis dan konsisten kecuali Anda memahami dunia tempat karakter Anda hidup. Sangat penting untuk merencanakannya.

2. Membuat dan mengingat aturan.

Setiap dunia memiliki aturan, aturan tersebut akan membuat plot Anda masuk akal dan mengalir dengan baik. Karena aturan ini juga dapat mempersulit karakter Anda.

Ciptakan daftar aturan singkat yang mungkin ada di dunia Anda, Anda mungkin akan menemukan lebih banyak seiring berjalannya tulisan Anda. Jika Anda akan memiliki keajaiban di sana, misalnya seperti sihir, harus tetap masuk akal atau memiliki semacam logika internal. Misalnya, para penyihir tidak dapat menyihir orang lain kecuali….. Atau para peri boleh menolong manusia dengan syarat…..Dengan menyiapkan aturan maka cerita Anda akan mengalir dengan baik.

3. Menentukan sudut pandang cerita Anda.

Salah satu alat terbaik untuk mengungkapkan dunia Anda adalah dengan menentukan sudut pandang dari novel atau cerita Anda. Dengan sudut pandang yang tepat, Anda bisa membawa pembaca untuk tahu bagaimana rasanya bagi para karakter Anda berada dalam dunianya. Apa pun dan bagaimana pun jenis dunia yang Anda ciptakan, sudut pandang dapat memberikan kejelasan kepada pembaca.

4. Temukan struktur cerita.

Banyak cerita fantasi mengikuti alur narasi yang serupa, yaitu perjalanan Sang Protagonis. Tetapi dalam novel atau cerita fantasi tidak harus mengikuti alur tersebut. Mungkin fiksi fantasi Anda bisa seperti Game of Thrones. Semua kisahnya di dalamnya terjalin dan berpusar pada The Iron Throne. Tahta besi yang diperebutkan sejak awal novel.

5. Keajaiban

Magis atau sihir adalah unsur yang membedakan fantasi dari genre sastra lainnya. Karena sihir dan unsur magis cukup sentral dalam cerita, maka Anda harus mempertimbangkannya ketika membangun dunia Anda. Sesuaikan keajaiban atau sihirnya untuk membentuk karakter-karakter dan mengarahkan mereka.

Jenis sihir apa yang akan Anda masukkan ke dalam cerita Anda? Apakah ada penyihir? Peri? Apakah keajaibannya berbasis sains seperti time machine atau teleportasi? Atau apakah supranatural? Siapa yang memilikinya? Apakah sihir hanya tersedia untuk beberapa orang? Jika demikian bagaimana mereka mendapatkannya? Seperti apa mereka yang memiliki sihir ini? Apakah mereka dikejar-kejar? Hidup tersembunyi? Atau apakah sihir ini dihormati atau justru dilarang?

Ketika Anda bekerja dengan sihir di dunia Anda, Anda juga bisa menciptakannya sesuai dan mengikuti aturan yang ada di dalam cerita Anda.

Bagaimana tertarik menulis cerita fantasi? Selamat menulis ya Writers 🙂

6 thoughts on “5 Tips dalam Menulis Novel Fantasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s