3 Tips untuk Mengembangkan Suara Karakter

Suara karakter adalah cara unik para karakter di novel atau cerita Anda dalam mengekspresikan diri mereka baik secara fisik maupun emosional. Suara karakter dapat dikomunikasikan melalui kepribadian karakter, pemikiran, dan cara karakter itu berbicara.

Sebagai seorang penulis, ada beberapa cara untuk menyampaikan suara karakter sesuai dengan gaya tulisan Anda sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa penulis gunakan untuk mengekspresikan suara karakter:

1. Memperhatikan dialog.

Dialog mendefinisikan suara karakter Anda, menetapkan cara bicara mereka, dan mengungkapkan pikiran terdalam mereka. Dialog yang nyata sangatlah penting untuk menulis karakter yang menarik.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan dialog Anda adalah dengan mendengarkan cara orang berbicara. Anda bisa pergi duduk di café dan memperhatikan cara dan gaya orang-orang berbicara. Dan cobalah menebak karakter mereka dari cara mereka berbicara. Kemampuan untuk menulis dialog yang bisa dipercaya akan membantu karakter Anda meyakinkan.

character 22. Memperhatikan bahasa tubuh.

Bahasa tubuh dapat menyampaikan begitu banyak tentang karakter Anda, sama seperti ketika mereka berbicara. Bagaimana karakter Anda berjalan? Seperti apa postur mereka? Bagaimana reaksi mereka terhadap berita buruk? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat menjadi integral dalam menentukan suara karakter sebagai kata-kata literal yang mereka ucapkan.

3. Memisahkan suara Anda dan karakter Anda.

Bukan tidak mungkin sebagai penulis kita memasukkan gaya berbicara kita ke dalam karakter yang kita tulis. Tapi penulis yang baik harus mampu memisahkan suara dan gaya kita sendiri dengan karakter. Buatlah tabel tentang karakter Anda. Sehingga ketika menulis Anda bisa mengecek apakah suara karakter Anda melenceng dari karakteristik yang sudah Anda rencanakan.

Tabel tersebut dapat merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti ini: Apakah pandangan karakter Anda terhadap dunia? Apakah mereka sopan atau kasar? Apakah mereka bersumpah serapah atau tidak sama sekali? Ini dapat menolong Anda membentuk karakter yang unik.

Ketika pembaca mempercayai karakter Anda seperti nyata, Anda memiliki kesempatan untuk menghibur pembaca. Ketika kita membaca sebuah cerita, para karakterlah yang akan mempertahankan minat kita. Selamat mengembangkan karakter Anda 🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s