8 TIPS PRAKTIS UNTUK PARA PENULIS

Terkadang kita membutuhkan langkah praktis dalam proses menulis apalagi  ketika draft pertama selesai ditulis dan siap ke proses editing. Berikut adalah hal-hal praktis yang bisa Anda lakukan saat menulis dan mengedit. Selamat Menulis 🙂

1. Pecahkan paragraf Anda. Paragraf besar itu menakutkan, pembaca Anda akan merasa bosan, takut, atau malas membacanya.

2. Pembicara baru, paragraf baru. Jika Anda bingung bagaimana memulai paragraf baru, pergantian pembicara adalah hal yang tepat untuk memulai paragraf baru.

3. Tulislah kalimat pendek. Sebisa mungkin potong paragraf Anda menjadi ringkas, padat. Mengapa? Karena itu lebih mudah dibaca dan dimegerti.

aaron-burden-y02jEX_B0O0-unsplash4. Setelah kalimat yang panjang ikuti dengan kalimat yang pendek, setelah kalimat pendek, ikuti dengan kalimat panjang. Hal yang sama juga berlaku pada paragraf.

5. Be specific. Pertimbangkan dua kalimat di bawah ini:

  • Pria itu menanam banyak bunga di halaman belakangnya.
  • Pria itu menanam setidaknya dua lusin jenis bunga di halaman belakangnya, yang dapat kukenali termasuk, aster ungu, lili putih, Anyelir merah jambu, Azalea, Bougenville, dan camellia.

Manakah dari dua kalimat tersebut yang lebih menarik? Manakah yang membantu Anda melihat halaman belakang pria itu?

annie-spratt-_dAnK9GJvdY-unsplash6. Pilihlah kata-kata sensorik. Kata-kata yang paling kuat adalah kata-kata sensorik, itu membuat pembaca Anda melihat, mendengar, mencium, merasakan sesuatu. Ketika Anda membaca kata-kata seperti lembut atau manis, halus seperti sutra, otak Anda akan menyala.

Seolah-olah Anda melihat tampilan warna yang memesona, seolah-olah Anda merasakan tekstur yang lembut dan halus. Kata-kata ini akan lebih kuat untuk tinggal dalam ingatan, dan juga sangat persuasif.

7. Jangan mengulang. Jangan terus menulis hal yang sama berulang kali. Karena ketika Anda mengulangi atau terus menulis hal yang sama, pembaca akan bosan. 

8. Mengedit dengan kejam. Persingkat, hapus, dan tulis ulang. Jangan menambahkan kata-kata tanpa alasan yang bagus. Untuk mempermudah proses editing, bagi tulisan Anda menjadi tiga langkah: 1)Tuliskan seluruh naskah menjadi draft pertama. 2) Sisihkan teks Anda selama beberapa hari. 3) Kembali kepada naskah Anda dengan kesegaran baru dan edit.

Selamat Menulis ya Writer 🙂

2 thoughts on “8 TIPS PRAKTIS UNTUK PARA PENULIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s