8 Karir Untuk Para Pecinta Buku

Apakah Anda seorang pembaca yang rajin yang baru saja lulus kuliah, atau yang saat ini sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion membaca Anda? Bagaimana jika Anda bisa menerapkan kecintaan membaca Anda pada pekerjaan Anda? Jika Anda sedang berpikir tentang karir ke depan atau jika Anda sedang bingung mencari jurusan kuliah, mungkin 8 karir berikut dapat membantu pilihan Anda nantinya:

1. Penulis

Siapa pun bisa menjadi penulis. Anda bisa menjadi penulis fulltime, atau Anda bisa menjadi seorang pengusaha dan menjadi penulis sekaligus. Ada begitu banyak pilihan karir dalam menulis. Anda bisa menulis untuk televisi, film, kantor berita dan lain sebagainya. Kecintaan Anda terhadap membaca dapat menolong Anda dalam karir ini. Penulis dan buku tentu tidak terpisahkan.

Librarian 12. Pustakawan

Kedengarannya membosankan ya? Tapi tanpa para pustakawan, perpustakaan kita akan berantakan. Dan kita membutuhkan perpustakaan kita teratur tentu saja. Dengan menjadi librarian, Anda dikelilingi oleh buku-buku, dan mempunyai akses hampir tanpa batas untuk membacanya. Dan Anda membantu orang-orang untuk mencari sesuatu yang tepat untuk mereka.

3. Penerbitan

Bekerja di penerbitan dapat memberikan Anda pengalaman dalam desain sampul, layout, marketing dan lain sebagainya. Anda dapat melatih kreativitas Anda dan memilih yang mana yang akhirnya yang paling menarik hati Anda dari banyak bidang dalam produksi buku.

4. Editor

Jika Anda suka membaca, maka Anda pasti menghargai aturan tata bahasa. Tugas editor bukan hanya untuk mengoreksi naskah dalam tata bahasa, tanda baca, dan ejaan saja, tetapi mereka juga mempunyai tanggung jawab untuk memeriksa konten. Di tangan mereka, keputusan apakah buku dapat diterima untuk diterbitkan. Karena itu kita membutuhkan editor-editor yang memiliki judgement yang baik untuk menilai buku-buku, jadi mengapa bukan Anda yang begitu mencintai buku?

5. Book reviewers

Kita memerlukan book reviewers yang bisa memberikan kepada kita esensi cerita, juga semua tentang elemen-elemen di dalamnya. Sekarang ini ada banyak perusahaan atau situs khusus berisi tinjauan buku. Anda dapat mengkritik buku dengan menulis artikel di sana.

teacher 16. Guru

Ingin mengambil bagian dalam membangun generasi membaca? Jika kebetulan Anda juga mencintai anak-anak, kenapa tidak menjadi guru sekolah dasar? Anda bisa membantu mereka untuk mencinta buku. Anda juga bisa menjadi guru bahasa Indonesia atau guru bahasa Inggris di sekolah. Anda bisa memberikan para siswa buku-buku yang bagus tapi tetap cocok dengan konten yang sedang dipelajari sekolah.

7. Penerjemah

Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk sering membaca. Mengapa? Jika Anda tidak terbiasa membaca buku akibatnya terjemahan Anda akan kaku dan Anda akan kesulitan menemukan kata-kata karena kosa kata Anda kurang kaya. Sebagai seorang pembaca, karir ini dapat membuat Anda lebih dekat dengan esensi bahasa.

8. Owner toko buku

Jika Anda selalu ingin membuka bisnis sendiri dan secara bersamaan tenggelam dalam hasrat membaca Anda, Anda bisa membuka toko buku Anda, dengan bantuan internet, hal ini bisa dimulai dari rumah Anda. Dengan cara ini Anda juga mempunyai kesempatan untuk orang lain dengan menarik minat baca orang lain.

Bagaimana? Tertarik mencoba salah satunya? Buka hati Anda dan lihatlah semua kemungkinan-kemungkinan yang ada! 😉

Advertisements

6 thoughts on “8 Karir Untuk Para Pecinta Buku

  1. Di era digital ini apakah usaha perbukuan masih menjanjikan ya? Melihat adanya fenomena pertokoan termasuk toko buku berguguran menutup usahanya. Tb Gunung, Agung, Kharisma, dan beberapa toko Gramedia.

    Liked by 1 person

    • Pertanyaan yang kritis Pak :), memang sedih kalau melihat fenomena ini, sama seperti melihat koran dan majalah fisik. Toko-toko buku fisik pada akhirnya akan tergantikan juga seperti toko-toko kaset dengan app-app musik digital. Tapi tergantikan bukan berarti usaha dalam dunia buku akan hilang sepenuhnya. Akan ada toko-toko digital seperti amazon yang menjual ebook, akan ada website atau app untuk penulis-penulis indie yang bisa merengkuh seluruh dunia dengan cepat dalam dunia digital ini. Jadi jika satu pintu tertutup, pintu lain akan terbuka. Perubahan seringkali terasa pahit tapi itu tidak terelakkan, yang saya tahu pasti, dunia buku dan tulisan tidak akan pernah mati selama manusia masih ada di dunia ini 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s