7 Hal yang membuat Cerita menjadi jauh Lebih Baik

Sebagai penulis, kita pasti menginginkan cerita atau novel kita lebih dari sekedar baik. Kita ingin naik ke level yang lebih tinggi. Dan untuk mendapatkan cerita yang jauh lebih baik, ternyata, ada 7 hal yang dapat Anda tambahkan ke dalam cerita. Berikut adalah 7 hal tersebut:

1. Tambahkan konten yang dramatis. Konten dramatis dapat berupa: misteri, ketegangan, kejutan, keajaiban, dan sebagainya. Anda dapat langsung merasakan perbedaannya, ketika konten-konten tersebut dimasukkan. Cerita Anda menjadi lebih seru, menggigit, dan menarik.

character 12. Menciptakan karakter yang tak terlupakan. Karakter adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam menulis fiksi. Berikan karakter Anda impian, cita-cita, kekuatan tapi juga kelemahan, pesona, dan keunikan sehingga cerita Anda akan terus melekat pada pembaca bahkan jauh setelah mereka selesai membaca buku Anda.

3. Perdalam plot dengan subplot. Cerita-cerita yang dapat memberikan lebih dari sekedar lapisan pertama, selalu bisa mencengkeram lebih kuat para pembaca.

dialog 14. Efektifitas dialog. Buatlah dialog Anda efektif. Jangan berputar-putar, dan selalu tanyakan kepada diri Anda sendiri; apakah cerita ini memerlukan dialog ini? Apakah dialog tersebut dapat membawa cerita saya ke depan? Atau tidak?

5. Masukkan konflik. Konflik menciptakan ketegangan, dan konflik menarik cerita Anda maju. Tapi bukan hanya itu, konfik juga membuat pembaca meraba-raba apa yang terjadi di depan sana, sehingga mereka akan terus membaca untuk melihat apa yang akan terjadi.

6. Tuliskan awal/ opening yang bagus. Sebuah pembukaan cerita harus mampu mengajak dan mengundang pembaca untuk masuk ke dalam cerita. Tidak heran bahwa ini adalah kalimat paling menantang untuk ditulis. Luangkan waktu, jangan terburu-buru dalam menulis bagian ini.

7. Berikan ending yang memuaskan pembaca. Ada satu novel romance yang pernah saya baca menceritakan tentang seorang istri yang kehilangan suaminya. Di sepanjang buku diceritakan bagaimana dia mengatasi rasa kehilangan yang mendalam dan juga hubungan baru yang dibangun perlahan dengan seorang pria yang baik. Di sepanjang buku, penulis menyuguhkan kisah cinta baru yang mungkin terjadi, tetapi di akhir cerita, pria yang seharusnya baik itu lebih memilih kembali kepada mantan pacarnya yang selingkuh. Saya langsung bereaksi….whattttt #$@%.

Novel tersebut adalah tentang sang istri dengan kehilangannya, dia mulai membuka hatinya dengan ragu-ragu untuk sang pria baik, semua pembaca menginginkan mereka bersama, kemudian Bam! Lalu apa gunanya capek-capek membangun kisah mereka jika tidak menakdirkan mereka untuk bersama? It’s a romance novel. Bukan cerita sastra, atau non fiksi, atau cerita dengan kritik sosial. Jadi berikan ending yang memuaskan, sesuai dengan genre cerita, sesuai dengan ekspektasi yang Anda bangun untuk pembaca.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s