7 Cara Menjadi Travel Writer

Mungkin Anda mempunyai naluri seorang pengembara. Anda ingin mendaki gunung-gunung terkenal di dunia dan mampir di kota-kota yang luas dari Paris, Mumbai, sampai Reykjavik. Anda merasakan cinta yang tulus terhadap tempat-tempat di dunia. Anda senang bertemu dengan orang baru, melihat tempat baru. Dan jika Anda bisa membuat orang lain dapat melihat mengapa tempat yang Anda kunjungi begitu indah, maka itu lebih dari cukup. Lalu mengapa tidak menjadi travel writer saja? Siapa yang tidak suka traveling, menulis dan dibayar? Pasti menyenangkan. Tapi seperti banyak tipe profesi menulis lainnya, itu tentu membutuhkan lebih dari sekedar  kemampuan menulis dan budget untuk travel.

Berikut adalah 7 cara menjadi travel writer:

1. Tumbuhkan ciri atau keunikan Anda

Di antara ribuan travel writer wara-wiri di media baik online maupun offline, Anda harus berbeda di antara kerumunan itu. Dan yang akan membuat Anda menonjol dari banyak penulis adalah ciri, keunikan Anda. Itu bisa tentang traveling dengan bersepeda, atau traveling sambil memangkas rambut, saya pernah melihatnya :), atau apa saja yang membuat Anda berbeda dengan travel writer lainnya. Ciri khas Anda ini akan menambah ketertarikan pembaca dan juga media-media yang mengulas tentang travel, dan siapa tahu, lain kali Anda dapat pergi ke mana pun tanpa mengeluarkan budget.

2. Membaca

Mulailah membaca dan jangan berhenti. Bacalah buku-buku non fiksi tentang traveling. Majalah-majalah yang mengulas tentang travel. Anda akan belajar untuk tahu bagaimana cara menulis dan apa yang diinginkan oleh penerbit dan editor in chief dengan banyak membaca. Membaca juga akan membantu Anda untuk memilah topik mana yang menarik perhatian Anda.

blogging 13. Mulai nge-blog

Nge-Blog adalah latihan yang hebat bagi para penulis. Blog menyediakan sebuah platform untuk passion Anda, dan sekarang ini travel writer tidak hanya terbatas untuk mereka yang hanya menulis di majalah-majalah wisata yang glossy saja. Tapi nge-blog juga bisa menjadi platform yang oke untuk memulai. Kita tahu bahwa banyak para travel writer yang terkenal mulai dari blog.

4. Hindari klise

Ada jutaan orang yang pernah ke Grand Canyon, atau Paris. Dan di luar sana ada banyak artikel tentangnya. Para editor dan pembaca tidak kekurangan orang yang mau pergi ke tempat tujuan Anda untuk menulis tentang hal itu. Anda perlu menemukan angle cerita yang bagus. Tidak masalah jika Anda pergi ke tempat-tempat yang banyak dikunjungi tapi cari sudut cerita yang jarang sekali atau bahkan belum pernah di cover oleh penulis lain. Ke mana pun Anda pergi, Anda perlu berpikir seperti seorang jurnalis dan menggali sesuatu yang fresh untuk editor atau pembaca blog Anda.

5. Foto yang baik

Tidak perlu menjadi seorang fotografer untuk menjadi seorang penulis travel. Tapi foto-foto yang baik sangat diperlukan. Foto yang mempunyai resolusi yang tinggi. Sehingga jika foto Anda di cetak, gambarnya masih terlihat. Tentu percuma jika editor menyukai cerita Anda tapi ketika mereka meminta gambar untuk menyertainya, gambar Anda tidak bisa dicetak karena resolusinya rendah. Anda juga perlu mencari informasi tentang bagaimana memilih sudut gambar yang menarik. Ini akan membuat foto-foto Anda berbeda.

writing 26. Saat Anda menulis, Anda harus tahu inti cerita Anda

Menulis tentang travel berbeda dengan menulis diari. Pembaca atau audiens Anda tidak menginginkan cerita Anda dari Anda bangun tidur, menyikat gigi, makan, lalu keluar pintu dan sederetan kegiatan-kegiatan Anda. Jangan sekedar bercerita ngalor ngidul tanpa tahu poin apa yang ingin Anda komunikasikan. Jika Anda pergi ke India misalnya, tanyakan apa yang Anda ingin pembaca Anda pelajari dari tulisan Anda? Apakah India yang penuh warna-warni? Jika iya, bangunlah warna-warni itu dengan ketat. Sehingga tulisan Anda mempunyai inti sehingga audiens Anda akan menanti-nantikannya terus.

7. Menulis

Tentu saja yang terakhir adalah menuliskannya. Inilah yang membedakan Anda dengan para pemimpi di luar sana. Anda duduk, memberikan waktu Anda, dan menulis. Satu-satunya cara dan tidak ada jalan pintas.

 

 

Advertisements

2 thoughts on “7 Cara Menjadi Travel Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s