1 Cara untuk Mengembangkan Kebiasaan Menulis yang Rutin

Karena tahun 2019 baru saja dimulai, jika Writers di rumah mempunyai target menulis dalam tahun ini, akan baik sekali apabila menerapkan kebiasaan menulis yang rutin. Kedengarannya mudah tapi sebenarnya itu butuh disiplin.

Tidak ada yang magis tentang menulis. Yang perlu kita lakukan adalah duduk, membuka laptop dan mulai mengetik. Tapi di sinilah kita biasanya gagal. Tidak bisa menuliskan satu kata pun. Dan pada akhirnya tidak ada satu pun yang ditulis.

tired 1Apa yang sebenarnya menyebabkan banyak sekali dari kita gagal untuk memulai diri kita bekerja? Karena kita cenderung mencoba dengan terlalu banyak. Dan itu biasanya tidak berhasil. Inilah yang saya ketahui tentang menulis. Kita mencoba selangkah demi selangkah. Anda tidak langsung menulis satu novel tapi menulis satu kalimat lalu menjadi paragraf demi paragraf dan paragraf tersebut menjadi bab dan seterusnya.

Menulis apa pun yang terpenting adalah memulainya. Seberapa banyak Anda harus memulainya? 500 kata. Biasanya saya memulai dengan memecut diri saya untuk menulis minimal 500 kata. Gunakan word count untuk mengeceknya. 500 kata adalah jumlah yang pendek sehingga lebih mudah untuk Anda untuk menemukan waktunya. Dan jika Anda melakukannya setiap hari, itu bukan hanya membuat Anda menyelesaikan sebuah buku tapi kemampuan menulis Anda akan berkembang.

Cobalah untuk membuat tantangan selama sebulan ini untuk menulis sebanyak 500 kata per hari. Dengan mengikuti beberapa aturan berikut ini:

  1. Anda dapat menulis dengan jumlah kata lebih dari 500 kata tapi tidak boleh kurang.
  2. Hanya menulis. Jangan mengeditnya dulu.
  3. Jika Anda lupa atau melewatkannya sehari atau dua hari misalnya, jangan mengganti dan mengakumulasi 500 kata yang hilang.
  4. Menulis apa saja, bisa termasuk menulis postingan di blog.

Bagaimana, tertantang melakukannya? πŸ™‚

Advertisements

4 thoughts on “1 Cara untuk Mengembangkan Kebiasaan Menulis yang Rutin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s