7 Tips Mencari Judul untuk Novel Anda

Judul yang bagus adalah kunci untuk membuat pembaca terhubung dengan buku Anda. Karena judul Anda adalah first impression bagi calon pembaca dan tentu saja harus menarik dan relevan dengan novel atau buku Anda. Menemukan judul yang tepat terkadang begitu sulit tapi jangan kuatir Writers, berikut adalah tips untuk mencari judul untuk novel Anda sekaligus membuat kreativitas Anda tetap mengalir dalam memilih judul yang tepat.

1. Mempertimbangkan esensi buku Anda. Tanyakan pertanyaan seperti: tentang apa buku Anda sebenarnya? Apakah ada tema yang mendasar dalam cerita Anda? Atau konsep dan emosi secara keseluruhan dalam novel? Dari situ Anda dapat mengambil intisari cerita dan mengotak-atik pilihan kata yang cocok untuk menjadi judul. Contoh: Pride and Prejudice, To Kill a Mocking Bird.

bird box2. Lihat kembali tulisan Anda. Apakah ada kalimat atau kata-kata yang sangat mengena? Atau frase yang merangkum tema buku Anda? Apakah ada sifat unik karakter utama yang mengalir dalam jalinan cerita? Contoh: The Girl with All The Gifts, Bird Box.

3. Tambahkan sudut pandang. Bagaimana karakter Anda melihat diri mereka sendiri? Apakah mereka memiliki kelemahan atau kualitas? Kapan dan di mana setting cerita Anda? Perspektif atau sudut pandang akan membantu Anda mendapatkan opsi-opsi judul dan mengalirkan kreatifitas. Contoh: Murder in Orient Express, 1984.

4. Tambahkan misteri. Anda bisa menarik minat pembaca dengan menambahkan misteri pada judul. Buatlah pertanyaan, sebutkan sesuatu yang berarti tanpa menjelaskannya atau ungkapkan tema utama cerita Anda dengan intrik atau dilema. Contoh: A Is For Alibi, Goosebumps.

writing 15. Melakukan riset judul-judul bestseller dalam genre novel Anda. Mencari daftar judul novel sesuai dengan genre Anda akan memicu ide dan kreatifitas. Perhatikan judul-judul yang menarik perhatian yang Anda temukan lalu cobalah untuk mempertimbangkan elemen-elemen apa yang membuat Anda tertarik pada judul tersebut dan terapkan ke dalam daftar pilihan judul yang Anda buat.

6. Mencari Kata-Kata di dalam Kamus. Seringkali kita tidak menemukan kata-kata dalam kepala dan bisa menemukannya di dalam kamus. Cobalah untuk membuka kamus, mungkin saja ada kata-kata yang menonjol dan menarik untuk Anda tambahkan ke daftar pilihan judul yang cocok dengan novel Anda.

7. Menulis Bebas. Seringkali kita mendapatkan ide secara tiba-tiba, jika begitu langsung catat atau tuliskan setiap judul, kata atau kombinasi kata yang muncul dari benak Anda.

Jika menemukan kata-kata yang mengena, menarik perhatian atau menonjol, biasanya saya akan mengubah atau menambahkan dengan kata-kata lain. Misalnya menambahkan dengan kata kerja atau kata sifat pada ide utama cerita saya. Jika belum memuaskan saya biasanya akan menukar dengan kata yang lebih umum atau lebih tidak umum. Pada akhirnya saya akan memutuskan judul yang lebih kuat, mendapatkan sekelumit dari inti cerita dan tidak lupa menyesuaikan dengan genre supaya buku saya hadir untuk pembaca yang tepat.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s