5 Kualitas yang Harus dibangun oleh Penulis

Sebagai penulis pasti kita ingin terus meningkatkan kemampuan dan bakat menulis kita. Tentunya ada kualitas-kualitas yang harus dibangun atau perbaiki setiap harinya. Kualitas-kualitas tersebut sangat penting untuk dimiliki setiap penulis yang efektif. Berikut adalah 5 kualitas yang harus Anda bangun sebagai penulis:

1. Perhatian terhadap Detail

Penulis yang efektif dan matang memperhatikan detail dengan cermat. Sekalipun membutuhkan editor, bukan berarti kita bisa abai dengan kesalahan tata bahasa, typo, dan sebagainya. Perhatian terhadap detail membuat kita menjadi penulis yang hebat. Kita tidak akan melewatkan deskripsi yang dibutuhkan, tidak akan melewatkan missing point dalam alur hingga ke bagian kesalahan-kesalahan kecil.

2. Disiplin

Para penulis akrab dengan tekanan menulis ulang, mengedit, dan memperbaiki semuanya. Hal ini tidak bisa dicapai tanpa kedisiplinan. Sebagai penulis kita harus bersedia untuk terus mengevaluasi ulang pekerjaan kita, tidak peduli seberapa kecil tugas tersebut. Selain itu kita juga dikelilingi oleh gangguan dan pengalih perhatian setiap saat; televisi, media sosial, game, dan sebagainya. Tanpa disiplin, target tulisan tidak akan pernah selesai. Kita harus fokus pada kerajinan dan bekerja keras untuk menjadi lebih baik melalui disiplin.

clear 13. Kejelasan

Seorang penulis yang efektif mampu membuat gagasan dan kalimat yang kompleks menjadi bahasa yang jelas sehingga mudah dipahami oleh para pembaca dengan luas. Kualitas ini perlu ditingkatkan secara terus-menerus. Kalimat-kalimat Anda harus jelas, padat, tidak bertele-tele dan tidak rumit. Karena tak peduli seindah apa pun kosa kata yang Anda gunakan, itu tidak akan berguna jika pembaca Anda tidak mengerti.

4. Kosakata yang kuat dan kaya

Aset utama penulis adalah kosa kata yang dimilikinya. Tidak ada yang menyukai kata yang diulang-ulang. Kita harus dapat memilih kosakata yang kuat dalam setiap kalimat atau dialog penting. Kita juga perlu memasukkan kata-kata menarik dalam tulisan. Keterampilan ini akan membantu untuk mempertahankan minat pembaca terhadap tulisan kita. Karena itu memiliki tabungan kosakata yang kaya di dalam kepala adalah keharusan. Sebagai penulis, kita harus mampu mengakses kata yang paling sempurna untuk situasi apa pun di dalam cerita.

books 25. Mencintai Membaca

Kosakata yang kaya dan kuat tidak akan dapat kita miliki jika kita bukanlah pembaca yang โ€˜rakusโ€™. Semua dapat dipelajari melalui bahan bacaan atau buku-buku. Seperti bagaimana cara penulis satu dan penulis lainnya bercerita dapat membuka pikiran kita, bagaimana penulis satu dan penulis yang lain menulis opening lines mereka. Seorang penulis akan belajar dan bertumbuh dengan membaca. Jadi jangan ragu untuk menyediakan waktu untuk membaca.

Advertisements

10 thoughts on “5 Kualitas yang Harus dibangun oleh Penulis

  1. Selamat sore mba Ellen.
    saya bersyukur sekali bisa temukan website ini,sudah lama saya mencari sumber/artikel yang bisa memberikan bimbingan guna menyelesaikan penulisan saya dengan genre travelling.
    saya sendiri adalah seorang penggiat sepeda jarak jauh kebeberapa negara di tiga benua asia,amerika dan eropa sudah hampir tiap sudut negri dan ribuan kilometer yang saya jalani,semua catatan perjalanan tersebut saya catat di blog pribadi dengan sangat sederhana jauh dari cara penulisan yang baik.
    Sudah lama saya berkeinginan besar untuk membukukan semua catatan perjalanan saya tersebut sehingga nanti bisa menambah khasanah bagi penggiat sepeda lainnya,namun saya tidak tahu harus memulai dari mana untuk mewujudkan impian saya tersebut,karena saya betul betul newbie di dunia ini,untuk itu mohon saranya mba Ellen dari mana saya harus memulai untuk meraih impian tersebut.
    Terimakasih
    salam hormat
    Tasman jen

    Liked by 1 person

    • Selamat Malam Pak Tasman Jen,

      Saya salut sekali dengan Bapak. Sebelumnya terima kasih untuk pertanyaannya. Yang pertama kali harus dilakukan oleh setiap penulis ketika menulis adalah kembali kepada buku Pak. Untuk genre traveling dalam hal ini non fiksi ada banyak referensi yang bisa Bapak cari. Tapi yang saya pernah baca dan saya sukai adalah buku-buku karya Erick Weiner berjudul: The Geography of Bliss dan The Geography of Genius. Erick Weiner menjelajahi kota-kota di dunia untuk menemukan satu benang merah yang dia cari, pada Geography of Bliss adalah tentang kota-kota di dunia yang paling bahagia. Ada pemikiran di dalam buku-buku Erick meskipun tidak terlalu filosofis. Ada juga buku Peter Theisen berjudul The Geography of Love, Peter menjelajah dunia termasuk mampir ke Padang untuk melihat tradisi pernikahan dan cinta yang unik di Sumatera Barat. Peter sendiri menjelajahi dunia untuk mencari tentang cinta. Buku-buku dengan genre yang spesifik sangat baik untuk membantu Bapak menemukan voice/ suara/ gaya tulisan Bapak nantinya. Juga membantu Bapak untuk memecah-mecah bab nantinya, juga dapat memperkaya kosa kata.

      Bapak sudah memiliki keunikan, menjelajahi Indonesia dan dunia dengan bersepeda, itu saja sudah menjadi nilai lebih. Menurut saya penulis traveling yang baik adalah ketika mereka mampu memberikan gambaran tentang budaya dan suasana tempat yang dijelajahinya. Bukan hanya spot-spot menarik saja. Bapak bisa menggali lebih banyak lagi dengan orang lokal, apa yang mereka biasa lakukan pada saat waktu luang. Hal-hal yang mungkin tidak pernah ditemukan di Indonesia. Atau mengapa Bapak tidak menemukan banyak mobil tapi sepeda bahkan di kantor-kantor pemerintahan, hal-hal yang tentunya juga sesuai dengan yang ingin Bapak kaitkan dengan sepeda.
      Yang pertama dilakukan adalah membaca buku-buku traveling, temukan yang sesuai dengan gaya tulisan dan cocok di hati Bapak. Baca sebanyak-banyaknya, sambil terus menulis. Terima kasih Pak. Tulisan Bapak membuat kami semakin bersemangat untuk suatu saat menjelajahi dunia.

      Salam Hormat
      Ellen

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s