5 Latihan untuk Mengatasi Writer’s Block

Apa yang terjadi saat Anda benar-benar mengalami “buntu” dan tidak dapat lanjut menulis lagi? Kondisi writer’s block memang kadang tak terelakkan bagi para penulis. Meski ada sebagian penulis yang tidak mengamini kondisi tersebut, saya sendiri pernah benar-benar mengalaminya. Di mana pada suatu titik, inspirasi hilang, rasanya seperti di block begitu saja. Dan ini adalah mimpi buruk bagi penulis. Kunci untuk membuka kreativitas Anda yang terperangkap adalah … Kreativitas itu sendiri.

Nah sekarang bagaimana membukan keran kreativitas tersebut? Berikut beberapa latihan yang bisa Anda coba:

1. Hal pertama yang saya lakukan ketika saya merasa tidak terinspirasi adalah mencari buku. Buku adalah teman saya yang paling setia. Membaca buku terbukti dapat memicu imajinasi dan menginspirasi saya. Bahkan di saat saya tidak ingin menulis, bukulah yang membuat saya untuk tetap mencintai dunia tulisan.

go out2. Pergi keluar. Duduk di food court, atau kafe dan menguping pembicaraan :). Kemudian, pulang dan tuliskan ending imajinasi Anda ke dalam percakapan yang Anda temukan. Bisa serius, bisa juga konyol. Contoh: Mendengar: seorang cewek yang kesal karena pacarnya membawanya ke museum untuk nge date. Dia merasa museum membosankan, dan tidak mengerti apa isi museum itu. Nah tantangan Anda adalah membuat alur cerita dari percakapan tadi. Dan ini serius saya pernah mendengar seorang pasangan bertengkar gara-gara sang cewek kesal di bawa ke museum, menurutnya museum sungguh membosankan. ^^

3. Membaca berita secara online maupun di majalah atau koran. Pilihlah sebuah cerita. Ketika Anda sedang membacanya setengah jalan, berhentilah dan lanjutkan ceritanya sendiri, tambahkan potongan-potongan yang menurut Anda akan membuatnya lebih baik.

4. Memulai otobiografi Anda. Sertakan kenangan masa kecil favorit Anda, dan hal-hal yang membuat Anda sedih. Tujuannya adalah untuk memicu perasaan Anda.

5. Tulislah sebuah paragraf atau beberapa paragraf tentang seleb favorit Anda, atau tokoh favorit Anda.

Hal di atas hanyalah latihan. Tidak ada sasaran, agenda, atau ukuran. Latihan yang baik untuk membuat Anda mulai menulis lagi, membuat Anda aktif kembali. Cepat atau lambat, Anda akan pulih dan kembali menulis. Writer’s block adalah rintangan yang harus dilalui, bukan keadaan permanen.

 

Advertisements

One thought on “5 Latihan untuk Mengatasi Writer’s Block

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s