5 Minuman Teman Menulis untuk Para Penulis

Sebagai penulis dan seniman, kalau sedang mengerjakan sesuatu biasanya kita lupa makan dan minum karena terlalu fokus pada tulisan atau karya kita. atau takut kehilangan inspirasi jika berhenti. Tapi sebenarnya, penulis butuh bahan bakar. Dengan makan dan minum akan membantu kita bekerja lebih baik.

Nah, kita semua pasti pernah mengalaminya, setelah hari yang panjang, Anda ingin menuliskan setidaknya satu atau dua halaman. Begitu Anda duduk, pikiran Anda kosong dan mulai mengantuk 😦

Produktivitas, kretivitas, dan inspirasi adalah hal yang membuat kita terus menulis, Writers. Ketiga hal inilah yang membantu kita menuliskan kata-kata di layar komputer atau di atas kertas. Tanpa itu, tidak ada akan postingan blog atau novel yang selesai.

Berikut adalah beberapa minuman yang terbukti meningkatkan produktivitas, kreativitas dan memicu inspirasi menurut pengalaman saya :

tea 21. Teh

Bagi Anda yang tidak minum kopi, teh bisa mempunyai efek yang sama. Sementara kopi umumnya memiliki kafein yang lebih tinggi, teh memiliki efek yang sama dengan kandungan kafein yang lebih rendah. Manfaat teh di atas kopi, sorry coffee drinkers, (no offend ;)). Kopi bisa memberikan Anda intensitas yang tinggi yang cepat tapi juga disertai dengan penurunan yang cepat. Teh bisa membuat Anda tetap menulis sepanjang hari. Jadi para tea lovers, ayo minum tehmu!

water 12. Air

Sudah jelas bahwa kita membutuhkan air putih. Tapi kebanyakan kita masih perlu diingatkan akan hal ini. Salah satu alasan mengapa kita lelah di tengah hari adalah dehidrasi. Dalam kondisi lelah hampir tidak mungkin kita bisa produktif. Air minum berkaitan dengan fokus dan kejelasan, komponen utama produktivitas. Jika kita ingin membuat buku kita selesai, ambillah segelas air.

coffee 13. Kopi

Saya mencintai aroma kopi, dan ternyata menurut penelitian aroma kopi bisa membangunkan Anda.  Namun karena saya tidak bisa meminum kopi karena terlalu keras untuk pencernaan saya, biasanya saya minum Ice Java Latte buatan sendiri. Segerrr dan bisa membangunkan saya. Aromanya saja menurut penelitian nih Writers, dapat mengubah aktivitas beberapa gen di otak, mengurangi efek kurang tidur. Kafein bisa mengikat dirinya ke reseptor di otak kita yang biasanya mengikat adenosin, bahan kimia yang membuat kita lelah. Jadi kopi membantu menyingkirkan kelinglungan yang membuat kita tersesat dan membiarkan otak kita berpikir untuk mendapatkan kata-kata di halaman.

cokelat 14. Cokelat

Ada bukti bahwa cokelat adalah campuran sempurna antara kafein dan nutrisi untuk memberikan Anda percikan kreatif. Flavanol, nutrisi yang ditemukan dalam cokelat, meningkatkan aliran darah ke otak dengan melebarkan pembuluh darah untuk membantu Anda berpikir kreatif.

Selain itu, coklat juga mengandung bahan kimia serotonin dan endorfin atau sering disebut sebagai hormon ‘bahagia’ yang tentu membuat kita bahagia. Jadi jika Anda ingin berpikir kreatif dan mungkin meningkatkan mood Anda, makan cokelat atau minum cokelat hangat juga bisa ya Writers 😉

es krim5. Guilty Pleasure.

Satu lagi yang biasanya mampu memicu inspirasi nih Writers adalah guilty pleasure kita. Masing-masing kita pasti punya satu makanan atau minuman yang bisa meningkatkan mood dan memicu inspirasi. Karena inspirasi penting bagi kesuksesan tulisan Anda, maka guilty pleasure Anda dapat mengembangkan gagasan baru di sepanjang jalan.

Guilty pleasure saya adalah es krim ^^, tapi tergantung pada hari, mungkin juga donat, martabak keju hmm…. (I know right? Hehe….) Tapi es krim telah terbukti memiliki efek positif pada otak Anda. Para ahli mengatakan bahwa: “Respons otak terhadap kesedihan berkurang secara signifikan saat lemak dimasukkan ke dalam perut. Efeknya signifikan dalam arti farmakologis: larutan lemak mengurangi intensitas emosi sedih hampir setengahnya – yaitu sebanyak yang bisa dilakukan obat antidepresan.” Wuih…hebat juga efeknya ya. Itu bukan kata saya loh Writers tapi kata sains 😛

Nah, temukan minuman Anda dan terus menulis ya Writers 🙂

Advertisements

8 thoughts on “5 Minuman Teman Menulis untuk Para Penulis

  1. Karena saya anak kos, saya biasanya nulis ditemani air putih hehehe. Tapi ide bikin teh dan infused water kayaknya boleh dicoba biar ada suasana yg seger ala pegunungan. Greget deh inspirasina, bukan duduk mau nulis eh malah ngantuk haha 😂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s