3 Cara Menghindari Stereotipe Latar Belakang (Backstory) Karakter

Bagian dari menciptakan backstory karakter Anda adalah termasuk mendefinisikan kelompok mana yang akan menjadi bagian karakter Anda. Karakter Anda membutuhkan jenis kelamin, kewarganegaraan, kelompok etnis, partai politik, agama, dan banyak lagi. Ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari stereotipe karakter yang Anda ciptakan:

1. Melakukan Riset. Anda harus melakukan pekerjaan rumah jika karakter Anda berada di kelompok lain (berbeda dengan Anda). Pria dan wanita, misalnya, cenderung berpakaian berbeda, bertindak berbeda, bereaksi berbeda. Semakin banyak penelitian yang Anda lakukan tentang perbedaan gender, semakin menarik Anda menemukannya. Semakin Anda mempelajari kewarganegaraan, kelompok etnis, politik, agama, dan karakter Anda, semakin Anda akan menemukannya berbeda.

character 12. Membangun karakter yang “khas” dalam kelompok karakter Anda. Karakter Anda tidak boleh rata-rata, berat rata-rata, kecerdasan rata-rata. Ia memiliki warna mata yang mungkin rata-rata tapi tipe kepribadiannya harus “khas”. Jika dia berpikir seperti anggota kelompok lainnya, memiliki kekuatan biasa dan semua kelemahan yang biasa, maka karakter Anda akan sangat membosankan.

3. Jadikan Karakter Anda “Agak Khas”. Apa maksudnya? Setiap kelompok memiliki variasi, dan setiap individu berbeda dari norma umum dalam satu atau lain hal. Tapi Anda juga tidak bisa membuat karakter Anda berbeda dari norma dalam segala hal. Jadi solusinya adalah menjadikan karakter Anda “agak khas” . Jadikan dia “tidak biasa untuk kelompoknya” dalam beberapa hal. Semakin tidak biasa dia, semakin banyak kesadaran yang dia butuhkan untuk menunjukkan bahwa sebenarnya dia agak tidak normal. Perasaan karakter tentang perbedaannya mungkin memainkan peran kunci dalam novel Anda.

Misalkan Anda seorang wanita yang menulis karakter pria. Buat dia mengikuti norma kebanyakan, tapi mungkin membuatnya sedikit lebih artistik dari kebanyakan cowok. Mungkin membuatnya lebih sensitif secara emosional daripada cowok rata-rata. Pastikan dia sadar bagaimana dia berbeda, jadi pembaca Anda tahu. Karakter Anda mungkin sedikit malu untuk berseni, sangat malu untuk terlihat begitu emosional. Bahkan jika dia tidak merasa malu, yang terpenting adalah dia tahu dia berbeda jadi pembaca Anda juga tahu bahwa dia berbeda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s