10 Koleksi Unik yang dapat Anda lihat di Museum Nasional (Gajah)

Pernah ke Museum Nasional atau Museum Gajah? Kalau belum pernah jangan khawatir Writers, di artikel ini Anda bisa tahu fakta-fakta unik tentang berbagai koleksi yang ada di Museum Nasional Jakarta.

Tapi sebelumnya, nggak ada salahnya untuk mengetahui sedikit tentang latar belakang museum nasional. Museum Nasional sebenarnya diprakarsai oleh sebuah lembaga independen Belanda Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) pada tahun 1778, dalam perkembangannya, setelah beberapa kali berpindah tempat, Pemerintah Belanda membangun sebuah gedung di Jalan Medan Merdeka Barat pada tahun 1862 dan baru dibuka untuk umum pada tahun 1868.

Saat ini Museum Nasional menyimpan lebih dari 150.000 benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari koleksi prasejarah, arkeologi, numismatic dan heraldic, keramik, etnografi, sejarah, dan geografi. Banyak juga ya! Kalau begitu ini beberapa koleksi Museum Nasional yang membuat saya tertarik:

1. Ketika masuk ke dalam museum, di lantai dasar, Anda langsung disambut dengan diorama Homo Sapiens juga sejarah singkat Homo Erectus dan Homo Sapiens. Nah di situ ternyata ada kuburan lengkap dengan tulang-belulang (asli) dari budaya mesolitik yang berhasil arkeolog temukan. Usianya mencapai 7.020 tahun yang lalu Writers! Tadinya mau foto dengan background kerangka tersebut tapi nggak jadi, gara-gara, mengingat usianya agak creepy juga sihhh ^^

2. Manusia Hobbit ternyata bukan hanya ada di novel fiksi J.R.R Tolkien loh. Tapi di Indonesia juga ada. Ditemukan pada September 2003, di Liang Bua, Flores dengan nama ilmiah Homo Floresiensis. Penemuan yang masih mengundang kontroversi sampai sekarang. Salah satu rangka dari tujuh rangka manusia Flores yang ditemukan menjadi salah satu koleksi dari Museum Nasional.

Sandal lontar resize

Sandal Daun Lontar

3. Zaman dulu sandal terbuat dari daun lontar. Dan itu juga hanya kaum bangsawan yang memakainya.

Adu Jangkrik

Papan Permainan Adu Jangkrik

4. Adu jangkrik merupakan salah satu permainan zaman dulu. Permainan ini biasanya ada saat tanah sawah ditanami palawija.

 

Tempat Obat

5. Ada yang tahu ini tempat apa? Tempat obat!.

Sepeda Roda Tiga

6. Sepeda roda tiga yang dipakai oleh orang-orang kaya pada zaman Belanda.

Long boat resize7. Ayo berapa orang kira-kira muat di dalam perahu ini?

 

Boneka kayu

Mainan Anak-anak

8. Nah kalau gadget adalah mainan anak Jaman Now, kalau gambar di atas adalah mainan anak Jaman Doeloe Banget.

Mata Uang Majapahit9. Mata uang zaman Majapahit.

Timbangan pajak10. Timbangan besar untuk menimbang hasil bumi sebagai pajak kepada Raja. Nah di salah satu sisi timbangan, hasil bumi akan diletakkan, sementara di sisi yang satunya Raja akan duduk. Jadi semua pajak dihitung sesuai dengan berat badan Raja! Mungkin rakyat pada waktu itu, setiap hari berdoa supaya Raja jangan sampai tambah berat badan kali ya 😛

Dan masih banyak lagi koleksi lain yang menarik, unik, juga membuat kita kembali ke masa lalu. Nggak ada salahnya untuk menyediakan waktu jalan-jalan ke Museum. Jangan sampai malah orang asing yang lebih tertarik tentang negeri kita.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengunjungi Museum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s