4 Cara Mengatasi Gangguan dalam Menulis

Di mana pun Anda memilih untuk menulis, baik di rumah, di taman, atau kedai kopi lokal langganan Anda, Anda tentu saja akan menemukan banyak gangguan yang akan menarik perhatian Anda dari waktu menulis Anda. Meskipun gangguan sesekali bisa menjadi hal yang bagus (dapat memberi Anda perspektif baru tentang tulisan Anda), tapi jika terus berlanjut maka waktu Anda tersita dan akhirnya tulisan Anda tidak selesai. Semoga tips berikut bisa mengatasi gangguan yang mengalihkan perhatian Anda:

1. Beri hadiah pada diri Anda sendiri saat Anda mencapai tujuan Anda.

Misalnya Anda telah mencapai sejumlah halaman atau kata, mencurahkan sejumlah jam untuk menulis setiap minggu, atau mengirimkan manuskrip Anda ke penerbit sesuai dengan target pencapaian, maka berilah hadiah kepada diri sendiri. Hadiah atau imbalan terbaik adalah hal-hal seperti membiarkan Anda pergi ke sebuah restoran yang Anda inginkan, menonton film, atau membeli sebuah sepatu, mungkin? Apa saja yang membuat Anda ingin mendapatkannya 😉

2. Pasang tanda ‘Jangan Ganggu’

Jika Anda memiliki tanda tersebut, maka itu menjadi batas yang jelas bagi orang lain tentang ruang dan waktu menulis Anda. Kemudian sampaikan kepada orang-orang dan mintalah kerja sama dan dukungan mereka. Bersikaplah sopan namun tegas dalam menegakkan peraturan dan batasan Anda.

Jika, misalnya, teman Anda yang berkunjung terus mengganggu Anda untuk mengobrol, Anda bisa bilang akan mengobrol setelah menyelesaikan tulisan Anda. Saya biasanya akan bilang, “inspirasi lagi mengalir nih, atau mengejar deadline, nanti hilang inspirasinya.” Mereka selalu mengerti dan tak pernah tersinggung. Anda selalu bisa menjadwalkan waktu untuk teman dan keluarga, jadi mereka tidak merasa berkompetisi dengan tulisan Anda.

unplug 13. Cabut, matikan, atau pindahkan semua gangguan.

Mungkin Anda bisa menyingkirkan gangguan yang menghalangi Anda demi mencapai tujuan menulis Anda. Jika televisi di ruangan terus memanggil nama Anda, maka pindahkan ke ruangan lain. Jika rentetan e-mail konstan di laptop Anda membuat Anda tidak fokus menulis, sign out e-mail Anda. Begitu juga dengan smartphone Anda. Menulis adalah pekerjaan, jadi perlakukan seperti itu.

4. Istirahat sejenak.

Istirahat teratur membantu Anda menyegarkan pikiran dan kemudian kembali bekerja dengan energi dan fokus baru. Ambil waktu setelah duduk di depan laptop Anda, itu juga bagus untuk meregangkan otot Anda. Anda bisa menggunakan waktu istirahat Anda berjalan-jalan di pekarangan rumah, atau mengambil gitar, minum, makan cemilan, dan lain sebagainya.

Keempat poin telah saya coba lakukan, dan sampai saat ini berhasil pada saya. Semoga juga berhasil pada Anda. Selamat menulis 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s