Sepuluh Langkah Menulis Novel dengan Metode Snowflake Part (3)

Akhirnya sampai juga ke bagian terakhir yaitu bagian ke 3 dari menulis novel menggunakan metode snowflake. Tetap semangat ya Writers!

Langkah 7: Untuk langkah ke tujuh, ambillah satu minggu lagi dan kembangkan deskripsi karakter Anda ke dalam grafik karakter lengkap yang merinci semuanya yang perlu diketahui tentang masing-masing karakter.

Hal-hal standar seperti tanggal lahir, deskripsi, sejarah, motivasi, tujuan, dan lain-lain. Yang terpenting, bagaimana karakter tersebut akan berubah pada akhir cerita. Ini adalah perluasan pekerjaan Anda pada langkah (3), dan akan mengajari Anda banyak hal tentang karakter. Anda mungkin akan kembali dan merevisi langkah-langkah (1-6) karena karakter Anda telah menjadi ‘nyata’ bagi Anda. Ambil waktu sebanyak yang dibutuhkan.

table 2Langkah 8: Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat draft pertama lebih mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil sinopsis empat halaman Anda dan membuat daftar semua adegan yang harus Anda ubah menjadi sebuah novel. Dan cara termudah untuk membuat daftar itu adalah dengan tabel. Tabel akan mempermudah karena Anda dapat merinci adegan yang muncul dari garis besar empat halaman Anda.

Buat hanya satu baris untuk setiap adegan. Dalam satu kolom, daftar sudut pandang karakter. Di kolom lain jelaskan apa yang terjadi. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak kolom yang memberi tahu Anda berapa banyak halaman yang Anda harapkan untuk ditulis untuk adegan tersebut. Anda bisa melihat keseluruhan alur cerita secara sekilas, dan mudah menggerakkan adegan untuk menyusun ulang berbagai hal. Setelah selesai, Anda dapat menambahkan kolom baru untuk nomor bab dan menetapkan sebuah bab ke setiap adegan.

Langkah 9: (Opsional) Beralih kembali ke pengolah kata Anda dan mulailah menulis deskripsi cerita tentang ceritanya. Ambil setiap baris dalam tabel Anda dan kembangkan ke deskripsi multi-paragraf dari adegan. Masukkan setiap dialog bagus yang dapat Anda pikirkan, dan sketsa konflik penting dari adegan tersebut. Jika tidak ada konflik, Anda akan tahu apakah di situ perlu menambahkan konflik atau menambahkan deskripsi atau pemandangan.

Proses ini lebih mudah untuk dikembangkan jika sudah melakukan langkah (1) sampai (8) terlebih dahulu.

do itLangkah 10: Pada titik ini, Anda duduk dan memulai menumbuk draft cerita pertama yang sesungguhnya. Anda akan melihat seberapa cepat cerita akan keluar dari jari Anda pada tahap ini. Akan ada banyak masalah logika skala kecil di sini. Misalnya, bagaimana protagonis Anda keluar dari pohon yang dikelilingi buaya dan menyelamatkan kekasihnya yang ada di perahu kayu yang terbakar? Di sini Anda harus mengetahuinya. Anda perlu menyelesaikan serangkaian masalah-masalah dan Anda bisa menulis dengan relatif cepat dengan cara ini.

Banyak penulis mengeluh tentang betapa kerasnya melalui draft pertama. Tidak ada alasan untuk menghabiskan 500 jam menulis draft pertama yang mengambang saat Anda dapat menulis dengan 150 jam yang solid. Anda akan tahu apakah metode snowflake dapat bekerja untuk Anda atau tidak. Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk Anda. 🙂

 

 

Advertisements

5 thoughts on “Sepuluh Langkah Menulis Novel dengan Metode Snowflake Part (3)

  1. Menarik dan bermanfaat! Butuh fokus dan waktu yg relatif banyak juga ya? Untuk sementara saya masih belajar nulis bebas aja dulu kali ya? Karena fokus saya lebih banyak di usaha. Kalau pun nulis, yaa saat ada ide yg terlintas biasanya unek2 lebih banyak he..he..ada juga cerita berdasarkan sesuatu yg telah terjadi. Apa kah itu bisa dikembangkan menjadi novel? Seperti https://rumahpintar256.wordpress.com/2017/10/01/who-is-she-based-from-the-true-story-part-1/

    Tapi, tipsnya amat sangat saya sukai. Thanks ya udah berbagi

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s