Sepuluh Langkah Menulis Novel dengan Metode Snowflake Part (2)

Pada artikel ini, kita memasuki langkah ke empat dari menulis fiksi dengan metode snowflake. Metode yang membentuk kepingan salju yang cantik atau novel yang bagus pada akhirnya.

Langkah 4: Pada tahap ini, Anda harus memiliki gagasan bagus tentang struktur novel skala besar. Anda mungkin telah menghabiskan waktu sebanyak seminggu, tapi itu tidak masalah. Jika ceritanya rusak, Anda tahu sekarang, daripada menginvestasikan 500 jam dalam draft pertama yang bertele-tele.

Ambil beberapa jam dan rentangkan setiap kalimat dari paragraf ringkasan Anda menjadi paragraf penuh. Semua kecuali paragraf terakhir. Paragraf terakhir harus menceritakan bagaimana buku Anda berakhir. Di akhir latihan, Anda memiliki kerangka cerita satu halaman yang cukup bagus. Tidak apa-apa jika Anda tidak bisa memasukkan semuanya ke satu halaman spasi tunggal. Yang penting adalah bahwa Anda menumbuhkan gagasan yang akan masuk ke dalam cerita Anda. Anda sedang memperluas konflik.

characterLangkah 5: Ambil satu atau dua hari dan tulis satu deskripsi dari masing-masing karakter utama sebanyak satu halaman dan deskripsi setengah halaman dari karakter penting lainnya. “Sinopsis karakter” ini harus menceritakan cerita dari sudut pandang masing-masing karakter. Seperti biasa, jangan ragu untuk kembali ke langkah awal dan merevisi saat Anda mempelajari hal-hal baru dan menarik tentang karakter Anda.

Langkah 6: Sekarang, Anda memiliki cerita yang solid dan beberapa benang cerita, satu untuk setiap karakter. Luangkan waktu seminggu dan selesaikan sinopsis alur cerita satu halaman ke sinopsis empat halaman. Pada dasarnya, Anda akan kembali memperluas setiap paragraf dari langkah (4) ke dalam satu halaman penuh. Di sini, Anda pasti ingin berputar balik dan memperbaiki berbagai hal di langkah- langkah awal, karena saat ini Anda mendapatkan wawasan tentang cerita dan gagasan baru yang muncul.

Bersambung ke postingan selanjutnya part (3)

Baca juga: Sepuluh Langkah Menulis Novel dengan Metode Snowflake Part (1)

 

 

 

Advertisements

One thought on “Sepuluh Langkah Menulis Novel dengan Metode Snowflake Part (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s