And I see A Shooting Star….

Every night this shooting star

Dancing across the twilight sky

Cause he knows he doesn’t quite fit in

And he’s longing to know why, why…

Boyzone—Shooting Star

Bintang jatuh. Saatnya mengucapkan permintaanmu.

Betapa indahnya sebuah bintang jatuh sehingga kita begitu terpesona melihatnya jatuh tak berdaya karena atmosfer Bumi.

Sebenarnya bintang jatuh tidak ada hubungannya sama sekali dengan bintang-bintang di langit. Coretan cahaya yang menakjubkan di langit ini adalah akibat dari debu dan batu kecil yang disebut meteorit yang jatuh ke atmosfer Bumi dan terbakar. Berkas cahaya yang dihasilkan karena membakar meteorit disebut meteor atau bintang jatuh. Jika ada beberapa bagian yang tidak terbakar saat menabrak bumi maka kita tetap menyebutnya dengan meteorit.

Ada milyaran partikel yang menabrak atmosfer setiap hari (siang hari maupun malam hari). Namun karena kita hanya bisa melihatnya pada malam hari dan kita hanya dapat melihat bagian kecil dari langit pada saat bersamaan, maka kita dapat berharap melihat bintang jatuh setiap 10 menit atau 15 menit sekali.

Nah, darimana sih legenda mengucapkan permintaan saat melihat bintang jatuh? Dipercaya budaya itu berasal dari Eropa, ketika Ptolemy seorang astronom Yunani, sekitar tahun 127-151 Masehi menulis bahwa para dewa sesekali, merasa penasaran, dan bosan, mengintip turun ke bumi di antara langit dan bintang-bintang. Mereka seringkali menyelinap keluar dari celah tersebut dan terlihat sebagai bintang jatuh. Karena para dewa telah melihat kita saat itu, mereka akan lebih terbuka menerima permintaan kita.

starry night1Bagaimana pun juga, orang-orang Yunani, memahami bahwa bintang jatuh adalah jiwa manusia yang naik atau turun, sedangkan orang-orang Yahudi dan Kristen percaya mereka adalah malaikat atau setan yang jatuh. Aristophanes, seorang penulis drama Yunani, memiliki imajinasi yang lebih wah. Menurutnya, bintang jatuh adalah “jiwa orang miskin, yang berjalan pulang mabuk sehabis makan malam di sebuah bintang yang kaya.” 🙂

Bahkan dalam budaya modern sekarang masih penuh takhayul jika itu berhubungan dengan bintang jatuh. Di Chile, misalnya, ketika Anda melihat sebuah bintang jatuh, Anda harus mengambil batu di saat yang sama ketika Anda mengucapkan keinginan. Jika Anda berada di Filipina, Anda harus mengikat simpul dalam saputangan sebagai gantinya.

Percaya atau tidak, yang jelas tidak ada yang salah kan dari memohon sesuatu yang baik?

 Lihat ada bintang jatuh! Saatnya Anda mengucapkan permintaan!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s