10 Tips Bagi Para Penulis Pemula

Mengapa tips ini saya tulis? Alasannya adalah karena menjadi penulis sangat berat. Saya menemukan hal-hal di bawah ini berguna sepanjang perjalanan menulis saya. Dan semoga sepuluh tips di bawah ini dapat membantu Anda dalam perjalanan menulis Anda:

1. Cintai dan nikmati yang Anda lakukan

Jika Anda tidak menyukai duduk berjam-jam di depan komputer, atau buku catatan, atau media menulis apa pun, sebaiknya jangan mulai menulis. Anda harus mau dan siap menghabiskan waktu berjam-jam dalam menulis, menulis ulang, dan menulis, dan menulis lagi. Waktu yang banyak dan tak terkatakan akan Anda limpahkan untuk menulis.

2. Bersabarlah

Tidak ada buku yang dapat ditulis dalam semalam. Anda bisa berada dalam mode menulis dalam waktu yang panjang. Mungkin bisa satu tahun, atau lebih. Sebagai pertimbangan, novel yang saya tulis rata-rata menghabiskan waktu tiga tahun penulisan. Novel tercepat, saya tulis dalam waktu empat bulan, tapi pengeditannya membuatnya mencapai setahun penulisan jika ditotal.

3. Ijinkan cerita Anda selesai

Anda perlu menemukan akhir cerita Anda, dan melepaskannya. Anda perlu memutuskan untuk mengakhiri penulisan dan mengumumkan novel Anda selesai.

4. Edit

glassesNovel Anda tidak selesai hanya karena Anda memiliki ending. Saat Anda menulis draft pertama, ingatlah itu baru: draft. Sekarang perjuangan Anda baru dimulai lagi. Editlah. Lalu tinggalkan naskah Anda selama beberapa minggu, dan kembalilah dengan pikiran tenang dan mata yang segar. Anda pasti akan dapat melihat apa yang perlu diubah.

5. Menulis untuk diri sendiri

Saya pikir ini sangat penting. Menulis harus menjadi sumber air dalam hidup Anda, sesuatu yang tidak sabar untuk Anda lakukan kembali. Dunia alternatif di kepala Anda, yang harus Anda tuangkan. Jika Anda memutuskan untuk mulai menulis karena Anda ingin memulai karir yang baru, lupakan saja. Anda hanya bisa melakukan ini dengan passion. ย Jika itu menyenangkan Anda, jika itu adalah sesuatu yang Anda pilih untuk dibaca bagi diri Anda sendiri, maka itu juga bisa menyenangkan orang lain saat mereka membacanya.

6. Ruang kerja

Tidak ada satu ruang kerja pun. Atau lebih tepatnya, ruang kerja Anda ada di mana-mana. Seluruh dunia adalah ruang kerja Anda. Jika Anda menjadi seorang penulis, Anda menulis sepanjang waktu. Di mana saja ๐Ÿ™‚

7. Mengamati

Saya sangat yakin ini adalah fondasi dari semua tulisan. Jika Anda tidak bisa mengamati dunia di sekitar Anda, Anda tidak bisa menulis. Tanyakan kepada diri Anda sendiri: dari mana cerita berasal? Darimana karakter dan tingkah laku mereka berasal? Dari mana Anda melihat setting seperti yang ingin Anda abadikan, yang ingin Anda gunakan untuk pembukaan novel Anda? Cerita-cerita itu ada di luar sana. Anda hanya perlu melihat mereka.

8. Lepaskanlah kesuksesan, dan ketakutan akan kegagalan

failKetika saat itu tiba, ketika Anda memutuskan untuk mulai menulis, jangan pikirkan tentang penerbitan, tentang berapa royalti yang akan Anda dapatkan, tentang review yang bagus di goodreads. Menulis saja dulu. Hal-hal tentang kesuksesan mungkin akan terjadi. Ketakutan tentang kegagalan jangan membuat Anda menyerah sebelum pergi berperang.

9. Berlatih dalam menyimpulkan

Saya benar-benar menganggap bagian ini penting. Saat seseorang bertanya kepada Anda: โ€œBuku Anda tentang apa?โ€ Pertanyaan ini pasti akan datang, dan ketika momen itu datang, Anda sudah memiliki tiga kalimat yang bagus dalam menyimpulkan tentang buku Anda. Orang yang meminta Anda mungkin saja adalah editor atau penerbit yang ingin Anda temui selama ini. Jadi: berlatihlah. Bicara tentang buku Anda dengan percaya diri.

10. Nikmatilah apa yang Anda lakukan

Sebab kalau Anda tidak menikmatinya maka Anda akan buang-buang waktu.

 

Advertisements

19 thoughts on “10 Tips Bagi Para Penulis Pemula

  1. Alhamdulillah, akhirnya bisa menemukan tips yang sy butuhkan tuk penulis pemula. Sy jg baru pemula buat blog. Masih buka sana sini, he he.. makasih ya mba El, sangat membantu, terutama buat sy yang pemula.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s