4 Langkah Sederhana Mengubah Ide Menjadi Halaman Novel

Tidak ada yang lebih menarik daripada janji sebuah cerita di kepala Anda. Namun untuk mendapatkan halaman yang Anda butuhkan, Anda perlu menguraikan dan membuang apa yang membuat pembaca kecewa. Anda perlu merencanakan alur untuk menghubungkan pembaca. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membantu Anda membangun bingkai cerita dalam novel Anda:

Langkah # 1. Selalu mulai dengan protagonis Anda.

Pembaca perlu menemukan siapa Hero Anda dan mengapa Hero Anda harus berakar dalam kepala pembaca Anda. Perkenalkan protagonis Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam 300 kata pertama.

Langkah # 2. Membangun waktu dan tempat.

Pembaca Anda harus tahu persis di mana mereka berada. Jika mereka bertanya-tanya, mereka akan kehilangan fokus dan mungkin sekali berhenti membaca. Mereka harus percaya bahwa Anda mengendalikan cerita ini. Tidak ada yang suka dibiarkan sendirian dalam kegelapan.

time n place

Langkah # 3. Mengumumkan pertaruhan.

Sebuah introduction dalam novel akan berlangsung paling lama sekitar kurang lebih 2.500 kata pertama. Setelah itu, para pembaca pasti ingin tahu mengapa mereka masih akan membaca novel Anda. Kalimat sederhana pun harus bisa menunjukkan trik penulis untuk memajukan plot. Di sini, penulis membiarkan pembaca tahu apa yang benar-benar ada di dalam pikiran mereka—dan jantung cerita novelnya.

Langkah #4. Susunlah dengan struktur.

Ketika cerita Anda terstruktur sejak awal, maka saat Anda melanjutkan halaman atau bab-bab selanjutnya yang Anda lakukan tinggal melihat semua catatan yang telah Anda ambil, atau kerangka yang sudah Anda siapkan.

Tanyakan pada diri Anda satu pertanyaan sederhana setiap kali ada ide lain yang mencuat: “Ke mana saya maju dengan adegan ini, atau konflik ini, atau kalimat ini?” Jika Anda tidak tahu, atau jika tujuan Anda pergi sekarang tidak sesuai dengan tujuan Anda saat Anda berangkat, fokuslah untuk menentukannya dengan lebih baik sebelum melangkah lebih jauh.

Semoga dapat membantu Anda Writers 🙂 Keep writing!

Advertisements

2 thoughts on “4 Langkah Sederhana Mengubah Ide Menjadi Halaman Novel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s