9 Aturan Menulis Novel yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ada banyak cara dalam menulis novel, tapi sembilan hal di bawah ini adalah aturan yang dapat Anda ikuti agar novel Anda dapat diramu dengan baik. Mulailah dengan sembilan aturan naskah di bawah ini, Writers. Selamat Menulis 🙂

1. Merevisi, merevisi, merevisi! Editor atau penerbit tidak ingin membaca draft pertama novel Anda. Draft pertama pasti membutuhkan revisi, jadi draft pertama belum siap dikirim. Revisi lagi, dan baca ulang lagi sampai Anda benar-benar yakin tidak ada kalimat yang perlu dipotong dan semua EYD sudah ditulis dengan semestinya.

2. Mulailah dengan konflik dan ketegangan, untuk memunculkan pertanyaan dan membangkitkan rasa ingin tahu dari pembaca.

3. Mulailah dengan cerita yang Anda ceritakan, jangan dengan latar belakang cerita dahulu. Lemparkan pembaca langsung ke dalam konflik. Biarkan mereka mengenal karakter Anda melalui tindakan dan respon mereka. Ingat prinsip Show vs Tell.

4. Berilah pembaca suatu rasa penasaran. Sesuatu yang ditakdirkan atau ke mana cerita akan berkembang.

5. Hindari menjejalkan terlalu banyak informasi terlalu cepat. Percayalah pada pembaca Anda. Jika Anda menemukan bahwa potongan cerita Anda perlu menyertakan penjelasan panjang, masuk kembali dan tuliskan potongan itu dengan lebih baik.

conflict16. Pastikan cerita Anda memiliki garis plot dan garis emosional. Melintasi konflik internal dan konflik eksternal. Berikan karakter Anda dilema moral, dan paksa mereka untuk mengatasi konsekuensi dari pilihan-pilihan mereka.

7. Bacalah dialog Anda dengan bersuara. Saat merevisi atau mengedit, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah dialog ini berguna?” Atau “Apa gunanya kalimat ini dan apa gunanya adegan ini?”.

8.  Gunakanlah kata sifat, kata keterangan dan dialog tag dengan sesuai dan hemat. Karena jika terlalu banyak, itu akan membuat naskah Anda panjang tanpa memajukan plot sama sekali.

9. Detail dalam tulisan begitu penting jadi pastikan Anda menulis detail-detail di tempat yang tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s