4 Cara Hidup dalam Kreatifitas

Kreativitas sebenarnya adalah kata yang rumit, tapi banyak orang menggunakannya seolah-olah itu begitu mudah. Saya percaya kita semua memiliki jiwa kreatif, kita hanya perlu memikirkan bagaimana memanfaatkan inspirasi dan melepaskan semangat kreatifitas tersebut. Berikut adalah empat cara untuk menjalani kehidupan yang kreatif.

1. Buatlah sesuatu, lakukan sesuatu

Jika Anda memiliki pikiran kreatif,  Anda harus memberikannya sesuatu untuk dikerjakan. Atau menemukan sesuatu untuk dilakukan. Karena jika tidak itu akan percuma. Dan menurut pengalaman saya, kreatifitas adalah tentang memberinya tugas, sebuah bola untuk dikejar, tangga untuk dinaiki.

Saya tahu rasanya memiliki begitu banyak hal di dalam kepala, tapi tidak bisa menuangkannya di atas kertas, itu sangat mengganggu. Kadang-kadang membuat sakit kepala, sebegitunya ya? Tapi saya tidak berlebihan. Karena itu sangat penting mengeluarkan kreatifitas tersebut . Tidak perlu khawatir dengan hasilnya dulu, yang penting berikan kreatifitas itu pekerjaan, dan Anda akan memiliki kehidupan yang jauh lebih bahagia.

2. Lepaskan fantasi kesempurnaan

Bukan berarti saya anti kesempurnaan, dan saya juga tidak bicara bahwa Anda tidak perlu bekerja sebaik mungkin. Tapi jika Anda menunggu sebuah karya yang sempurna sesuai dengan fantasi Anda, maka Anda tidak akan pernah mengerjakan apa pun. Kreatifitas membutuhkan air, membutuhkan tanah yang subur dan kuat. Dan itu hanya bisa didapat oleh waktu. Dan jika Anda tidak memulainya, kreatifitas tersebut cuma akan jadi benih yang mungkin tidak akan pernah tumbuh, padahal, bisa jadi benih itu akan menjadi pohon yang besar dan bermanfaat bagi banyak orang.

kreatif 13. Rasa ingin tahu adalah cara hidup kreatif

Semua orang bisa dengan mudah berkata, follow your passion, tapi tidak tahu betapa sulitnya dan mengintimidasinya ketiga kata tersebut. Passion menuntut komitmen penuh dari diri Anda. Dia menuntut waktu, energi, uang, dan sebagainya. Kadang-kadang Anda memiliki passion tapi tidak tahu harus mulai dari mana, petunjuknya adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa penasaran bagaimana kalau saya mengambil jalan ini? Rasa ingin tahu yang akan menjadi petunjuk-petunjuk kecil dari sebuah perjalanan yang akan mengeluarkan keunikan Anda dalam kehidupan ini.

4. Singkirkan perasaan takut

Anda tidak bisa menghilangkan rasa takut, tapi ingatlah bahwa rasa takut tidak akan membawa apa pun ke dalam diri Anda. Ambil contoh ‘penulis’, Anda tidak pernah mau menjadi penulis kalau takut ditolak penerbit. Atau takut dikritik pembaca. Takut tidak ada teman-teman atau keluarga yang akan mendukung tulisan Anda. Tapi percayalah apa yang Anda takutkan tersebut tidak akan membunuh Anda. Sakit, ya, tapi membunuh tidak. Jadi pertanyaannya sekarang adalah apakah dengan tidak menulis, Anda akan mati? (secara jiwa) 🙂 Kalau iya, terus lakukan, karena passion membutuhkan komitmen.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s