4 Cara Merencanakan Plot Novel Dengan Lebih Baik

Untuk merangkai cerita yang indah, unsur-unsur esensial tertentu sangat diperlukan dalam penulisan novel. Salah satu unsur penting tersebut adalah plot.

Plot lebih dari sekedar apa yang terjadi dalam cerita. Tetapi juga mengapa cerita tersebut terjadi dan bagaimana dapat terjadi. Rangkaian kejadian yang saling berkaitan dengan karakter. Peristiwa-peristiwa tersebut harus terhubung dengan rantai sebab dan akibat yang tidak terputus. Untuk membangun plot yang lebih baik, berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda ajukan kepada novel Anda:

1. Apakah adegan yang Anda inginkan akan berkontribusi pada keseluruhan cerita? Anda tidak hanya ingin mendaftar semua adegan atau aksi dari para tokoh. Jika adegan-adegan tersebut dimasukkan ke dalam cerita artinya, harus ada alasannya. Apakah adegan tersebut akan mengembangkan plot Anda? Atau mengembangkan karakter Anda? Akan lebih baik jika adegan tersebut melakukan keduanya.

2. Apakah plot Anda bervariasi? Dengan kata lain, apakah karakter Anda melakukan hal yang sama setiap harinya? Apakah semua karakter Anda melakukan hal yang sama? Jika Anda telah menulis lebih dari satu novel, dan menuliskan hal yang sama setiap waktunya dengan karakter yang berbeda nama saja, mungkin pembaca akan mengingatnya, dan itu bisa membosankan atau tidak berhasil terhadap cerita baru Anda.

post it 2

3. Apakah cerita Anda mudah ditebak? Plot yang baik harus memiliki kejutan dan intrik. Tapi juga harus masuk akal. Sesuatu yang mengagetkan tidak terjadi hanya untuk membuat pembaca senang. Harus ada alasan yang logis mengapa hal-hal terjadi dalam novel Anda. Tips yang mudah untuk memastikan bahwa plot Anda tidak terlalu mudah ditebak adalah meminta seseorang untuk membaca novel atau tulisan Anda. Siapa yang selalu menjadi pembaca pertama Anda? Berikan kepada mereka. Apakah setelah membacanya, mereka terkejut? Jika Anda bisa mengejutkan mereka, Anda akan mengejutkan orang lain.

4. Apakah Anda memiliki campuran peristiwa-peristiwa kecil dan besar dalam cerita Anda? Hidup bukanlah hanya serangkaian peristiwa-peristiwa besar. Setiap hari peristiwa-peristiwa kecil dapat berkontribusi menjadi cerita yang jelas dan lebih baik.

Semoga keempat hal di atas dapat menolong Anda menulis. Baca juga 10 Cara Meminimalisir Plot Holes dalam Novel Anda.

Selamat Menulis 🙂

 

 

Advertisements

6 thoughts on “4 Cara Merencanakan Plot Novel Dengan Lebih Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s