Tips Menulis Untuk Penulis Pemula

Tidak ada yang lebih sulit dari menulis fiksi pertama kalinya. Saya juga mengalaminya. Karena itu kali ini saya ingin menuliskan beberapa tips bagi Anda. Semata-mata karena saya pernah berada di sana :).

Jangan menulis kalimat yang panjang. Usahakan setiap kalimat Anda tidak lebih dari tiga belas kata. Kalimat yang simple akan bekerja lebih baik.

clear 1Setiap kalimat harus membuat maksud yang jelas. Kalimat tersebut menambahkan pernyataan pada kalimat sebelumnya. Paragraf yang baik adalah kumpulan dari kalimat yang jelas dan pernyataan yang terhubung.

Aktif, dibandingkan pasif. Usahakan untuk menggunakan kalimat aktif dibandingkan pasif. Itu akan membuat kalimat Anda efektif, jelas, lebih hidup, lebih aktif.

Jangan pernah menggunakan kata-kata yang Anda tidak yakin apa artinya. Anda bisa melihat arti kata di internet tentu saja. Namun ada kata-kata yang jarang sekali digunakan. Ada juga kata-kata yang terlalu canggih bila digunakan dalam genre tulisan Anda. Pilihlah kosa kata yang tepat.

Hindari sesuatu yang abstrak. Seringkali dalam menulis kita membuat analogi, kata konotasi, atau menggunakan simbol. Tidak masalah jika gaya tulisan Anda memang seperti itu, tapi itu perlu latihan. Namun jika aliran tulisan Anda tidak seperti itu, jangan melakukannya. Pesan Anda kepada pembaca bisa jadi tidak tersampaikan secara baik.

typewriter 2Menulislah. Setiap waktu. Tulisan yang baik hanya bisa didapatkan dengan menulis. Sesederhana itu. Menulislah ketika Anda sedih. Bahkan ketika Anda tidak sedang ingin menulis. Jadi menulislah 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Tips Menulis Untuk Penulis Pemula

    • Hai Reza, apa yang bisa kita tulis ketika kita tidak tahu apa yang harus ditulis?
      Kamu bisa menulis tentang pengalaman kamu. Kita semua pernah melalui tragedi, patah hati, memiliki pencapaian, dan sebagainya. Setiap saat, besar atau kecil, kita melalui momen yang menjadi bagian dari hidup kita. Kamu bisa menuliskannya, membagikan setiap pengalaman. Atau kamu bisa membagikan pemikiran kamu. Apa yang Reza pikirkan tentang apa saja, sesuatu yang menurut Reza penting.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s