Enam Langkah Editing Novel Yang Efektif

1. Bacalah novel Anda sampai selesai. Anda adalah satu-satunya orang di seluruh dunia yang telah membaca novel Anda pada saat ini, jadi rasakan kegembiraan dalam lembar demi lembar yang sudah Anda tulis. Tempatkan diri Anda pada posisi pembaca. Apakah ceritanya menarik? Apakah masuk akal? Apakah awal, pertengahan, dan akhir cerita yang Anda bangun cukup logis?

2. Perbaiki lubang atau missing points dalam plot. Jangan langsung membenahi tanda baca, pada langkah kedua ini, memperbaiki plot sangatlah penting. Apakah cerita Anda sudah menjadi satu kesatuan? Apakah ada bagian yang hilang dalam cerita dan apakah ada yang tidak dibutuhkan oleh cerita Anda?

3. Periksa perkembangan karakter Anda. Tidak hanya karakter utama tapi semua karakter yang ada. Apakah ada pertumbuhan atau perubahan yang ditunjukkan oleh masing-masing karater? Plot berfungsi untuk mengembangkan karakter Anda lebih lanjut. Jika tidak ada perubahan atau pertumbuhan dalam karakter Anda, apakah Anda yakin plot cerita Anda cukup menarik?

dialog 14. Periksalah dialog. Apakah dialog Anda sudah realistis? Apakah karakter-karakter dalam cerita berbicara seolah-olah mereka sedang membaca naskah atau apakah mereka berhenti sejenak untuk berpikir, terkejut, memiliki reaksi yang tulus dan alami? Beberapa penulis membaca naskah mereka (terutama bagian dialog) dengan keras untuk memeriksa apakah dialognya sudah terdengar alami.

5. Bila semuanya sudah terdengar terstruktur, barulah Anda memperbaiki semua tanda baca dan kesalahan ejaan.

6. Pada saat novel Anda telah dipoles sempurna (kondisi di mana Anda sudah mengerahkan seluruh kemampuan terbaik Anda) maka inilah saatnya Anda memberikan orang lain untuk membaca naskah Anda, teman, para professional, mentor, yang bisa memberikan masukan yang berguna bagi naskah Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s