Jangan ‘Terlalu Cinta’ Pada Naskah Anda

Setiap penulis tentu akan menghela napas lega ketika naskahnya selesai. Draft pertama selesai, tapi pekerjaan Anda belum selesai. Masih ada proses lain yang harus Anda lewati. Yaitu, proses di mana Anda perlu membaca ulang naskah seperti pembaca.

Di tahapan ini, Anda akan membaca ulang, merekam reaksi pembaca dari diri Anda, dan menemukan masalah dalam naskah Anda. Bukan hanya kesalahan ketik atau perubahan skala kecil dari pikiran, tetapi kegelisahan samar-samar bahwa adegan penjara yang Anda buat misalnya tidak cukup suram atau terlalu malah terlalu keras, atau adegan perpisahan Sang Hero dengan kekasihnya di medan perang kurang dramatis.

Bagaimana pun, membaca seperti pembaca tidaklah mudah karena yang kita hakimi adalah naskah kita sendiri. Apa pun yang Anda lakukan ketika membaca ulang, usahakan untuk jangan pernah “terlalu cinta” kepada naskah Anda sendiri. Ketika Anda Over PeDe, berpikir tulisan Anda hebat dan tak bercacat, itu akan membuat Anda lengah terhadap kesalahan-kesalahan yang mungkin saja fatal terhadap cerita.

Beberapa strategi di bawah ini mungkin dapat membantu:

•    Letakkan naskah Anda dan diamkan selama beberapa minggu, sebulan akan lebih baik lagi. Kemudian Anda bisa kembali lagi pada cerita Anda dengan pikiran yang lebih segar. Dengan begitu cara pandang Anda terhadap naskah tersebut akan lebih baru.

reading 2• Cetak naskah Anda dan bacalah jauh dari meja kerja Anda. Mungkin Anda bisa pergi ke kafe terdekat, taman atau tempat yang dapat membuat Anda lebih relaks.

•  Baca keras-keras. Ini adalah proses yang luar biasa kuat, karena untuk berbicara dalam kata-kata, otak Anda harus memahami mereka, dan itu akan mengirimkan alarm kepada Anda jika tata bahasa dan kalimat Anda tidak masuk akal, canggung, diulang-ulang, kaku, tidak meyakinkan, tanda baca yang salah, atau kesalahan ketik.

Jadi ‘terlalu cinta’ terhadap naskah juga dapat membuat Anda terjebak dalam hubungan yang tidak sehat ya Writers, nggak jauh beda dengan  hubungan romantis ternyata ^^

Copyright: © 2017. Indonesian Writers Club

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s