3 hal yang harus Anda tanyakan sebelum menjadi Penulis.

Ketika Anda memutuskan untuk menulis sebuah cerita ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum memulainya. Dengan mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, Anda dapat tahu ke mana Anda bergerak dan apakah Anda yakin terhadap keputusan Anda.

Dapatkah saya menangani penolakan dan kritikan?

Apa pun yang Anda tulis, akan selalu ada orang yang mengkritik tulisan Anda. Mereka akan menunjukkan apa yang mereka rasakan tentang tulisan Anda, kesalahan, atau kelemahan-kelemahan tulisan Anda, sementara yang lain akan sibuk menolak naskah Anda, atau tidak mau terlibat sama sekali dengannya.  Pastikan Anda siap untuk menangani hal-hal tersebut, atau Anda akan menjadi marah dan membenci orang lain atau diri Anda sendiri jika itu terjadi. Ini adalah bagian dari menjadi penulis. Anda harus menerima penolakan, kritikan, lalu mengatasinya dan melanjutkan hidup.

Pembaca seperti apa yang ingin Anda tuju?

Seperti apa pembaca Anda? Mungkin Anda berpikir ini pertanyaan mudah. Tapi tidak sama sekali. Pembaca adalah orang-orang yang akan tertarik pada tulisan Anda. Umur, jenis kelamin, pekerjaan, tingkat pendidikan, latar belakang budaya, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya.
Anda perlu mempertimbangkan hal ini sebelum mulai menulis, karena itu akan membantu arah tulisan Anda. Jika Anda ingin menulis sebuah novel misteri dan detektif tentu tingkat pendidikan pembaca sangat berpengaruh dalam bagaimana mereka mengerti petunjuk-petunjuk yang Anda berikan di novel.

Presentasi media apa –on line atau cetak?

Ini adalah keputusan terakhir sebelum Anda sampai ke tulisan Anda. Format cetak atau online, akan memiliki dampak pada konsep tulisan Anda. Masalah teknis contohnya: layout, cover, platform, apakah e-book, blog, dan sebagainya, lalu jangkauan pembaca, gaya promosi, dan lain-lain, semua itu akan berpengaruh terhadap format yang Anda pilih.

Menulis bukanlah tugas yang mudah, dan seringkali membutuhkan banyak latihan untuk menuju ke sana. Pertanyaan di atas dapat membantu Anda untuk memutuskan tulisan seperti apa yang muncul kepada pembaca. Format yang berbeda biasanya memerlukan media yang berbeda juga. Menulis buku teks, kisah cinta, novel petualangan, masing-masing memiliki aturan yang diterapkan untuk bagaimana cerita-cerita tersebut harus ditulis dan terlihat. Jadi sebelum menulis tanyakan pada diri Anda tiga hal tersebut.

Selamat menulis dan jangan menyerah 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s