3 Aturan Menulis yang Dapat Anda Abaikan

Ketika saya mengatakan Anda dapat mengabaikan aturan-aturan ini, bukan berarti Anda benar-benar harus mengabaikannya selamanya. Ketika Anda menulis pada akhirnya, Anda harus mempercayai proses Anda sendiri.Berikut adalah aturan-aturan dalam menulis yang dapat Anda abaikan:

1. Keluarkan semua kata keterangan.

Andi meletakkan tasnya dengan kesal. Andi membanting pintu dengan marah. Terlalu banyak kata keterangan memang akan membuat tulisan Anda turun. Tapi bukan berarti Anda harus menghapus semua kata keterangan yang ada. Kata keterangan tidak selamanya buruk. Yang buruk adalah menggunakannya dengan berlebihan.

2. Jangan membaca review.

Saya tahu rasanya mendapat ulasan buruk, rasanya seperti perut Anda ditinju, atau diremas-remas. Apalagi jika pembaca mengatakan buku Anda buruk dan jelek sehingga Anda berpikir aturan yang benar bagi para penulis adalah jangan membaca review. Hindari review. Tapi review tidak selamanya buruk, seringkali itu justru menghibur, menarik, bahkan berguna. Ada salah seorang pembaca yang menulis bahwa dalam buku Tofi Perburuan Bintang Sirius, penulis kadang menulis sesuatu terlalu berlebihan, misalnya dalam mengatakan ludah penulis menggunakan kata saliva. Saya menerimanya, karena saya menyadari terkadang penulis tidak perlu menulis sesuatu yang sederhana dengan berlebihan. Dan saya belajar, supaya ditulisan berikutnya, saya menjadi penulis yang lebih baik. Jadi review tidak selamanya menakutkan. Seringkali justru dapat memberikan Anda ruang untuk terus mengembangkan bakat Anda.

3. Tulis apa yang Anda tahu.

Ini aturan yang seringkali dikatakan untuk para penulis pemula. Tapi siapa pun Anda baik Anda penulis pemula atau bukan, mustahil kita selalu menulis apa yang kita ketahui. Karena para penulis adalah orang-orang yang penuh imajinasi. Mereka juga bukan pemalas yang alergi dengan kata ‘riset’ atau ‘baca’. Tulislah apa yang akrab dengan Anda, tapi jangan membatasi diri hanya menulis apa yang Anda tahu. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Karena hanya dengan keluar dari kotak, bakat Anda akan berkembang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s