3 Cara Menciptakan Karakter Pendukung Yang Efektif

Menurut saya, salah satu karakter pendukung yang paling berhasil dalam literatur adalah Dr. Watson dalam cerita Sherlock Holmes. Dr. Watson adalah ‘sidekick’ yang bertindak lebih tapi juga tidak membayangi popularitas Sherlock, sang hero. Selain Dr. Watson, kita juga bisa menemukan karakter-karakter pendukung di Sherlock Holmes yang sangat pas untuk seorang Sherlock. Mrs Hudson, pemilik rumah Sherlock yang cerewet pada Sherlock tapi baik hati. Inspektur LeStrade, untuk memberikan Sherlock akses ke penyelidikan resmi, Mycroft Holmes, kakak Sherlock yang kuat dalam dunia politik untuk memberikan dukungan finansial dan hal-hal strategis.

Nah, sama seperti yang Sir Arthur Conan Doyle lakukan pada Sherlock Holmes, begitu juga Anda harus menciptakan karakter pendukung Anda, yaitu harus merefleksikan apa yang dibutuhkan oleh protagonis Anda. Berikut adalah cara menciptakan karakter pendukung yang efektif:

Menyeimbangkan Sifat Karakter

Sherlock Holmes Characters 2jpg

Sherlock Holmes dan Dr. Watson

Seorang detektif amatir misalnya, tentu membutuhkan teman atau saudara yang memiliki akses informasi kepada seorang polisi, detektif swasta berlisensi atau wartawan kriminal. Seorang karakter yang arogan dan selalu dipenuhi oleh dirinya sendiri membutuhkan karakter untuk menjaga dirinya, menyeimbangkan dirinya agar tidak terlalu kaku atau serius. Mungkin seorang rekan kerja yang lucu atau seorang ibu. Jika Anda ingin menunjukkan sisi detektif keras kepala, arogan ini lebih lembut, Anda bisa memberinya anak-anak atau mungkin seorang istri yang sedang hamil.
Karakter pendukung yang penting dalam banyak genre adalah seorang sidekick. Hampir setiap protagonis dalam cerita misteri khususnya memiliki minimal satu sidekick. Ciptakan sidekick yang membuat karakter utama Anda lebih bersinar, tapi juga jangan membuat sidekick tersebut terlalu bodoh. Berikan kontras di antara kedua karakter ini, perlawanan yang dapat bekerja dengan baik dalam cerita.

Menyiksa Protagonis Anda
Kita tidak sedang membicarakan soal antagonis, tapi seorang karakter pendukung yang baik dapat membuat karakter utama Anda kesal, menyiksa dia dengan kebiasaan-kebiasaan yang tidak disukainya. Mengapa? Karena hal-hal tersebut bisa mendorong dan membuka sifat protagonis Anda. Misalnya karakter utama Anda memiliki seorang kakak yang overprotective? Atau bos yang ganjen?

harry potter 1

Harry Potter diapit dua karakter pendukung Hermione dan Ron

Menambahkan Keaslian
Ingat bahwa dunia dalam novel Anda juga akan penuh dengan karakter-karakter ‘berjalan’ atau karakter minor selain karakter pendukung. Karakter minor ini akan memberikan tekstur dan realisme dalam cerita. Masing-masing memiliki peran-peran kecil dalam memfasilitasi alur, tetapi untuk sebagian besar, karakter-karakter minor ini diciptakan untuk membuat adegan lebih otentik atau asli. Misalnya protagonis Anda berjalan kaki menuju bank untuk mengambil uang. Sebuah bank tentunya perlu teller, petugas keamanan, manager dan sebagainya. Begitu juga jika karakter utama dan pendukung Anda harus berada di hotel, maka hotel membutuhkan doorman, customer service, pelayan, dan sebagainya,
Ketika membuat karakter-karakter minor, jangan lupa bahwa mereka adalah karakter ‘berjalan’ sehingga mungkin dibutuhkan satu atau dua kalimat. Mereka tidak perlu nama, atau sentuhan deskripsi yang terlalu banyak. Pilihlah rincian yang dapat menjadi komentar singkat sesuai dengan lingkungan dan konteks. Mungkin seorang mandor proyek, melepaskan helm keselamatannya saat masuk ke dalam coffee shop. Atau seorang ibu kaya di pertemuan guru dan murid yang memutar-mutar cincin berliannya. Gunakanlah hal-hal singkat tapi berkesan, sehingga latar yang diberikan untuk karakter utama dan karakter pendukung Anda lebih hidup, dan dapat menolong mereka untuk menonjol dalam alur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s