4 Alasan Mengapa Penulis Harus Nge-blog

Menulis dan blogging, memang kedengarannya PR banget ya. Untuk menulis sebuah novel sudah menyita banyak waktu apalagi harus ditambah untuk menulis blog. Hmm…tapi tidak ada salahnya untuk dicoba nih Writers, mengapa? Karena ada 4 alasan bagus bagi penulis untuk ngeblog.

1. Membuat nama Anda masuk ke dalam radar Google.

Sebuah website yang statis mendapatkan traffic lebih sedikit daripada sebuah blog yang aktif, sehingga mesin pencari tidak akan menyadari kehadiran Anda di internet. Semakin aktif sebuah website semakin baik. Sebuah blog yang mendapatkan hits dan komentar akan mendapatkan perhatian. Memang tidak instan, tapi pada akhirnya jika Anda meneruskannya, Anda akan mendapat perhatian. Sehingga ketika seseorang menggoogle Anda nama Anda ada di halaman pertama search engine.

2. Membangun networking dengan penulis lain.

Blogging menyediakan cara untuk bersosialisai dengan penulis lain. Sama seperti di dunia nyata, networking yang baik dibutuhkan untuk menemukan peluang-peluang seperti join promosi, berbagi informasi tentang penerbit, peringatan penipuan-penipuan internet yang bisa menjadi info berharga. Selain itu, menulis adalah pekerjaan yang kesepian, saat Anda menulis di kamar, mungkin Anda tidak memiliki waktu untuk pergi hangout dengan teman-teman, tapi dengan mempunyai blogfriends Anda dapat memberikan atau mendapat dukungan moral melalui masa-masa sulit, yaitu ulasan buruk dan serangan cyberbully.

3. Mengontrol brand Anda.

Media sosial dapat datang dan pergi. Facebook bisa menendang Anda karena pelanggaran. Orang jahat dapat menyerang dan mengubah kelompok yang tadinya ramah menjadi mimpi buruk Anda. Tapi sebuah blog adalah domain Anda sendiri, sehingga Anda dapat menendang keluar orang-orang yang tidak menghormati aturan Anda. Jika Anda menginginkan domain Anda bebas dari zona politik, tentu Anda bisa mendapatkannya. Anda juga dapat menciptakan penampilan dan atmosfer Anda pribadi yang akan menarik para pembaca yang mungkin tertarik dengan postingan Anda.

4. Berinteraksi dengan pembaca yang tertarik.

Sebuah blog adalah tempat yang hebat untuk berinteraksi dengan calon pembeli buku Anda di kemudian hari. Jika Anda blogging tentang topik atau setting dari novel atau memoar Anda, maka Anda akan menarik orang-orang yang familiar dengan situasi atau tempat yang Anda lalui dalam buku Anda. Nah, koneksi seperti ini sangat berharga. ini bukan tentang Anda ingin mati-matian menjual buku Anda, tapi orang-orang tersebut bisa menjadi kontak Anda untuk memperkenalkan Anda ke semua sudut internet atau pun sebaliknya. Mereka juga dapat memperkenalkan Anda kepada editor, penulis, dan orang lain yang bisa membantu Anda.

Sebuah blog dapat membantu Anda terhubung ke seluruh dunia. Mungkin sebagian akan membeli buku Anda dan menyebarkannya, sebagian mungkin akan membantu riset untuk buku Anda, dan sebagian mungkin berubah menjadi teman betulan? Atau Anda menemukan teman-teman lama. Siapa tahu kan? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s