5 Cara Menulis Karakter yang Menarik

Seorang karakter protagonis yang menarik dapat memberikan pembaca sesuatu untuk dinanti-nantikan, tapi karakter yang menarik tidak sama dengan karakter yang sempurna. Karakter yang tidak pernah melakukan kesalahan dan memiliki hidup tanpa insiden sangatlah membosankan, cara tercepat untuk membuat pembaca meletakkan novel Anda.

1. Membuat karakter Anda menjadi manusia.

Kecuali tentu saja jika Anda menulis tentang robot, tetapi jika Anda menulis tentang manusia, berikanlah karakter Anda beberapa kebiasaan yang agak ‘aneh’ atau kelemahan. Tidak ada satu orang pun di dunia ini sempurna. Kelemahan membuat kita unik dan menarik, dan bisa jadi mengesankan. Mereka akan menarik ketika mereka hadir dengan berbagai kendala dalam plot. Dalam novel Gone Girl, heroine Amy Dunne bisa dibilang adalah seorang psychopath, tapi kita memakluminya meskipun dia begitu licik dan cerdas sehingga mampu merencanakan banyak hal jahat demi keuntungannya. Atau karakter Nick Dunne suaminya yang baik dan sangat mencintai Amy pada awalnya, tapi pembaca menemukan dia ternyata berselingkuh. Karakter-karakter adalah manusia. Mereka memiliki kelemahan tapi juga kelebihan.

2. Berikan karakter Anda backstory (Latar Belakang).

Mulailah cerita dari tengah-tengah. Maksudnya adalah halaman pertama Anda dimulai di tengah-tengah keseluruhan ide besar cerita, dapat berupa di tengah-tengah satu hal, satu kejadian, satu situasi. Misalnya seorang wanita yang baru dipecat dari pekerjaannya, atau seorang pria yang ditinggalkan di pernikahannya oleh tunangannya. Pembaca akan bertanya-tanya mengapa wanita ini dipecat, mengapa pria ini ditinggalkan tunangannya. Dengan begitu Anda sudah memberikan pengenalan backstory karakter Anda. Latar belakang dari kisah hidup mereka sehingga mereka berada dalam posisi seperti itu. Bagaimana keluarganya, apa yang menyebabkannya bersikap seperti yang dia lakukan. Dalam film Batman misalnya, Bruce Wayne memutuskan untuk memerangi kejahatan karena dia melihat kedua orang tuanya dibunuh di depan matanya sendiri. Backstory membantu karakter untuk terus termotivasi yang akan membawa kita ke tips nomor tiga.

3. Memberikan karakter Anda sesuatu yang dia percayai.

Bagaimanapun juga sesuatu atau seseorang yang dipercayai dapat menggerakkan karakter, sehingga alur dapat berjalan. Dalam film The Negotiator, karakter utama Danny Roman, seorang polisi yang hebat harus menyandera beberapa orang karena dituduh korupsi dan membunuh rekannya. Danny tidak punya pilihan lain selain melakukan hal tersebut untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah. Penulis memberikan motivasi kepada Danny untuk membuktikan dirinya tidak bersalah, dan Danny percaya dia harus membuktikannya apa pun yang terjadi, sehingga plot bergerak mengikuti hal yang dipercayai Danny.

4. Gunakan karakter pendukung untuk menantang karakter utama Anda.

Karakter sekunder Anda ada untuk menggerakkan cerita ke depan dan untuk melenturkan karakter utama Anda. Dalam novel Flipped karakter sekunder seperti kakek Bryce membuat Bryce terusik, karena kakeknya begitu dekat dengan Juli. Sementara karakter Sherry Stalls mengusik Juli karena Sherry adalah saingannya sejak awal. Gunakan mereka untuk menciptakan dialog dan situasi di mana karakter Anda tidak dapat menghindarinya; di mana mereka harus bereaksi dan merespon. Sebisa mungkin, gali karakter sekunder Anda, meskipun mereka memiliki peran kecil dalam cerita atau muncul sangat jarang bukan berarti mereka tidak bisa membayangi protagonis Anda.

5. Sebisa mungkin hindari klise.

Sangat mudah bagi kita untuk terperangkap dalam klise. Seorang gadis miskin tapi pekerja keras yang bertemu dengan pria tampan, kaya raya, playboy yang secara kebetulan adalah bosnya atau bos ayahnya atau bos sahabatnya. Sangat mudah ‘mendapatkan’ karakter seperti ini, karena mereka akrab bagi kita, tapi karakter-karakter tersebut akan membuat tulisan kita tidak berbeda dari yang lain, sehingga pembaca akan bosan. Tidak apa-apa mengangkat tema Cinderella, tapi pastikan karakter Anda punya pendekatan lain yang unik, menarik dan berwarna sehingga pembaca tidak sungkan untuk membalik halaman.

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s