4 Cara Menulis Novel Cinta Yang Menggugah Pembaca

Novel romance atau novel cinta memang nggak ada matinya, Writers. Karena itu, Indonesian Writers Club selain memberikan gratis ebook menulis novel cinta, kali ini kami juga mau memberikan 4 tips untuk menulis novel cinta agar pembaca Anda tertarik. Yuk, disimak:

1. Keindahan dalam menulis novel cinta adalah janji yang akan diberikan penulis.

Bukan hanya ending happily ever after tapi juga daya tarik yang indah yang membuat pembaca mau membuka halaman demi halaman. Konflik tentu dibutuhkan bahkan di dalam novel cinta, namun sangat penting jika unsur romantisme juga dimasukkan, setidaknya dalam bobot yang sama.

2. Menurut saya dalam novel cinta, happily ever after adalah keharusan.

Meskipun para penulis berhak menentukan ending dari novelnya, saya tentu menghormati hal itu tapi dalam novel bergenre romance, para pembaca Anda mempunyai harapan untuk melihat kedua protagonis dalam cerita Anda pada akhirnya bersama. Sebagaimana pun beratnya konflik yang karakter-karakter hadapi, ketika saya pribadi membeli buku romance maka saya berharap akan mendapatkan sebuah ending dengan senyuman di bibir saya dan kisah cinta yang bernyanyi di hati saya. Nah, sebagai penulis romance, tentu Anda tidak mau merusak kepercayaan pembaca Anda bukan?

3. Tulislah heroine yang dapat Anda hormati.

emma-watson-beautyTentu saja kita harus menulis heroine yang kuat, atau tangguh, tapi seringkali para penulis terlalu jauh mengintepretasikannya. Dengan membuat heroine sangat mandiri, tanpa takut mengemukakan pendapatnya atau sangat ambisius dan sulit dijangkau, memang karakter-karakter seperti ini dapat membuat memecahkan chemistry yang ada apalagi jika dipasangkan dengan hero yang tepat, tapi bukan berarti heroine yang lembut hatinya, tenang dan mempunyai kekuatan di dalam tidaklah baik. Yang penting, ciptakan heroine yang Anda hormati tapi jangan lupa untuk membuat mereka manusia. Bukan bidadari atau malaikat yang tanpa cela.

4. Temukan ciri khas Anda dan banggalah akan itu.

Pada akhirnya cerita cinta adalah tentang hati. Itu tentang debaran di jantung Anda, rasa cemas di perut Anda dan tarikan napas ketika sesuatu yang sedih dan indah datang. Cara yang lebih baik untuk memberi emosi dalam cerita Anda adalah menjadi menjadi diri Anda dan menuangkan semua keindahan unik diri Anda ke dalam setiap kata.

Jika Anda ingin tahu lebih lagi tentang langkah-langkah menulis novel cinta daftar segera dan dapatkan ebook gratis di sini.

klaim-ebook-small

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s