20 Fakta Unik Hunger Games

Novel trilogi karya Suzanne Collins ini sulit sekali untuk dilewatkan begitu saja. Hunger Games termasuk film franchise terbaik di zaman ini. Hunger Games juga memiliki basis massa dan fandom yang dapat dilihat dari ramainya fan fiction, meme, dan juga diskusi yang tak habis-habis bahkan sebelum Jennifer Lawrence memerankan Si Tangguh Katniss Everdeen.

Bagi Anda penyuka novel bergenre fantasi terutama dystopia, Anda harus membaca dan menonton filmnya. Tapi bagi yang tidak, tidak ada salahnya untuk ikutan juga dijamin tidak akan kecewa. Tapi sebelum itu, kita lihat dulu 20 fakta unik seputar Hunger Games:

1.  Novel The Hunger Games telah diterjemahkan ke dalam 51 bahasa. Wow!
2.  Penulisnya Suzanne Collins saat masih kecil, merupakan fans fanatik mitologi         Yunani.

suzanne-collins-1

Suzanne Collins

3. Ketika Suzanne Collins berusia 6 tahun, Sang Ayah ikut serta dalam perang Vietnam. Suzanne mengatakan bahwa ayahnya merasa bertanggung jawabuntuk memastikan semua anak-anak memiliki pengertian tentang perang, harganya, juga apa yang diakibatkannya. Dan itulah inti dari novel The Hunger Games.
4.  Film pertama Hunger Games dilarang di Vietnam.
5. Suzanne Collins berkata hal yang paling sulit saat menulis novel Hunger Games adalah kematian dan kekerasan di antara karakter-karakter yang masih muda.
6. Suzanne Collins membaca buku-buku dan menggunakan pengetahuan ayahnya tentang mencari makan dan berburu ketika dia menulis novel ini. Sang Ayah besar pada masa depresi besar di Amerika terjadi, dan keluarganya bergantung hidup dari berburu.

katiniss-memanah

Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen

7. Novel ini menambah minat dalam cabang olah raga panahan. Dalam sebuah interview di Journal Times, Denise Parker, CEO dari Cabang Panahan Amerika Serikat berkata: “Yang paling luar biasa dalam Hunger Games adalah Katniss, seorang yang percaya diri dan cantik, dan caranya menggunakan busur….Itulah yang membuat orang-orang terbayang-bayang dan membuat mereka ingin mencoba panahan.”
8.  Nama Katniss berasal dari sebuah tanaman air, yang dikenal dapat dimakan, dan akarnya yang bergizi. Tanaman itu juga sering disebut mata panah.

katniss-hair

9.  Rambut Jennifer Lawrence di Hunger Games senilai lebih dari $30.000! Jennifer Lawrence menolak mewarnai rambutnya yang pirang menjadi berwarna gelap seperti rambut Katniss di novel, maka tim properti menyediakan lima wig seharga masing-masing $6000.

10. Kepangan khas Katniss membutuhkan waktu 20 menit untuk dikerjakan.

president-snow-1

Donald Sutherland sebagai Presiden Snow

11. Donald Sutherland pemeran Presiden Snow di film Hunger Games sebenarnya sangat terobsesi memerankan karakter ini sehingga aktor tersebut menyurati Sang Sutradara film pertama Hunger Games Gary Ross. Dia menulis tiga lembar surat yang menjelaskan mengapa dia tertarik memerankan Snow dan menjelaskan apa yang dia percaya tentang tiga aspek penting dalam persona Presiden lalim tersebut. Upayanya berhasil dan bagi Anda yang sudah menonton Hunger Games, kita pasti setuju akting Donald Sutherland patut diacungi jempol.

paula-malcomson

Paula Malcomson sebagai Mrs. Everdeen

12.  Paula Malcomson, yang memerankan ibu Katniss juga berperan sebagai ibu Jennifer Lawrence di serial TV Cold Case.

effie-butterfly-1

Elizabeth Banks sebagai Effie Trinket

13.  Elizabeth Banks yang memerankan tokoh Effie mengaku dirinya cukup kesulitan memakai kostum-kostum Effie. Tapi salah satu kostum favoritnya adalah kostum kupu-kupu monarki yang dia pakai di Hunger Games Catching Fire. Dibuat dari bulu-bulu yang dilukis tangan agar terlihat seperti kupu-kupu.
14. Sementara itu kostum Katniss yang paling disukai Jennifer Lawrence adalah gaun yang dipakainya saat Parade Penghormatan di Catching Fire.

costumes-hunger-games

15.  Untuk film pertama saja, tim kostum harus membuat 1.800 kostum untuk para extras di Capitol. Banyak kostum yang dikerjakan oleh tangan.
16.   Total ada 35 make up artist full time dan 450 wig di set film pertama.
17.   Nama “Panem” berasal dari “panem et circenses,” yang artinya “roti dan sirkus.” Yang merupakan ekspresi dari Kerajaan Romawi ketika pemerintah membiarkan rakyat puas dengan menyediakan hiburan dengan kekerasan dibandingkan memberikan pelayanan publik.

president_coin_2

Julianne Moore sebagai Presiden Alma Coin

18.   Julianne Moore setuju memerankan Presiden Alma Coin karena dorongan kedua anaknya. Sebelumnya, nama Jodie Foster sempat disebut-sebut memerankan karakter ini.

peeta-melark-1

Josh Hutcherson sebagai Peeta Melark

19.   Aktor Josh Hutcherson membaca keseluruhan trilogi Hunger Games dalam lima hari untuk perannya sebagai Peeta Melark.

philip-seymour-hoffman

Philip Seymour Hoffman sebagai Plutarch Heavensbee

20.    Berita yang sangat mengejutkan harus kita terima saat Philip Seymour Hoffman meninggal dunia pada saat produksi film The Mocking Jay Part 2 hampir selesai. Tim produksi tidak mengganti aktor penyabet piala Oscar ini dan tidak melakukan manipulasi teknologi untuk kekurangan adegan Plutarch Heavensbee, sutradara Francis Lawrence memutuskan untuk menulis ulang adegan tersebut untuk diberikan kepada aktor lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s