Nasihat Para Penulis Best Seller Pada Penulis yang Sedang Berjuang.

Writers, sebagai penulis yang sedang berjuang, Anda pasti mengalami berbagai kendala untuk tetap termotivasi, fokus, dan terinspirasi ketika menyelesaikan sebuah buku sampai menerbitkannya. Apakah itu writer’s block atau surat penolakan, Anda mungkin membentur dinding pada satu titik selama proses menciptakan karya tersebut, tapi tahukah Anda kalau Anda tidak sendirian? Seluruh proses yang Anda lalui, dialami juga oleh penulis-penulis terkenal di bawah ini. Apa yang bisa kita pelajari dari mereka sampai mereka berada pada titik di mana buku mereka dibaca oleh puluhan juta orang di seluruh dunia? Mari kita intip nasihat mereka untuk para penulis:

Khaled Hosseni
khaled_wall-street-journalKetika ditanya apa nasihat yang ingin penulis Kite Runner ini berikan kepada para calon penulis dan para penulis lain, Khaled berkata: “Saya bertemu dengan banyak orang yang berkata mereka memiliki buku di dalam diri mereka, tapi mereka tidak pernah menulis satu kata pun. Untuk menjadi penulis—[ini mungkin kelihatannya basi]. Anda harus benar-benar menulis. Anda harus menulis setiap hari, dan Anda harus menulis terlepas apakah Anda sedang ingin melakukannya atau tidak. Mungkin yang paling penting, menulis untuk seorang audiens yaitu diri Anda sendiri, menulis cerita yang ingin Anda beritahu dan yang Anda ingin baca. Tidak mungkin untuk tahu apa yang orang lain inginkan jadi jangan buang waktu untuk menebak. Tulislah tentang hal-hal yang membuat Anda terjaga di malam hari. Anda juga harus banyak membaca dan memperhatikan. Bacalah hal-hal yang ingin Anda tulis, bacalah hal-hal yang tidak akan pernah Anda tulis. Belajarlah sesuatu dari setiap penulis yang Anda baca.”

Jodi Picoult
Author Jodi Picoult - Portrait SessionGuradian.com sempat mewawancarai Jodi Picoult tentang bagaimana prosesnya menulis dan juga tidak ketinggalan meminta Jodi untuk memberikan beberapa nasihat kepada para penulis. Penulis My Sister’s Keeper ini dengan senang hati menjawab:
“Mengukir sedikit waktu setiap hari untuk menulis, dan pastikan Anda melakukan itu bahkan ketika Anda tidak merasa termotivasi. Bacalah sebanyak mungkin. Ikutilah workshop menulis supaya Anda belajar untuk memberi dan menerima kritik. Ketika Anda terjebak, dan yakin bahwa yang Anda tulis benar-benar sampah, paksalah diri Anda untuk menyelesaikannya dan KEMUDIAN putuskan untuk memperbaikinya atau Anda tidak akan pernah tahu Anda bisa melakukannya. Setiap orang memiliki buku dalam diri mereka-tetapi itu tidak ada gunanya sampai Anda membongkarnya.”

J.K Rowling
jk-rowling_usa-todayKita semua tahu kalau J.K Rowling berhasil mengatasi tragedi, kesulitan keuangan, penolakan yang tak terhitung jumlahnya, tapi akhirnya dia menjadi salah satu penulis yang paling dicintai. Nah ini nasihat yang diberikan J.K Rowling kepada kita:
“Anda harus bekerja. Ini tentang struktur. Ini tentang disiplin. Ini semua hal-hal mematikan yang guru sekolah Anda bilang Anda butuhkan…Anda membutuhkannya.”
“Tulislah apa yang Anda ketahui: minat, perasaan, keyakinan, teman, keluarga dan bahkan hewan peliharaan akan menjadi materi Anda untuk mulai menulis. Kembangkan kesukaan untuk menyendiri jika Anda bisa, karena menulis adalah salah satu profesi yang paling kesepian di seluruh dunia!”

Stephen King
Pgettyimages-stephen-kingenulis horor, misteri, kontemporer, terkenal Stephen King yang telah menjual lebih dari 300 juta eksemplar buku di seluruh dunia, dalam buku memoarnya On Writing, dia membagikan wawasan berharga bagaimana menjadi penulis yang lebih baik. Dan dia tidak memanis-maniskannya. Dia menulis: “Saya tidak bisa berbohong dan mengatakan tidak ada penulis yang buruk. Maaf, tapi ada banyak penulis yang buruk.”
Untuk tidak menjadi salah satu dari mereka yang dibilang buruk oleh Stephen King, mari kita simak nasihat darinya:
Jika Anda baru akan memulai menjadi penulis, televisi adalah hal pertama yang harus dijauhkan. “Itu racun bagi kreatifitas,” kata Stephen King. Penulis perlu melihat ke dalam diri mereka sendiri dan mengubah arah kehidupan imajinasi. Untuk melakukannya, Anda harus membaca sebanyak yang Anda bisa. Stephen King selalu membawa buku ke mana pun dirinya pergi dan bahkan membaca pada saat makan. “Jika Anda ingin menjadi penulis, Anda harus melakukan dua hal tersebut di atas orang lain: banyak membaca dan banyak menulis,” katanya.
Menulis harus menjadi kegiatan yang sepenuhnya intim. Letakkan meja Anda di sudut ruangan, dan hilangkan semua gangguan, mulai dari handphone sampai ke membuka jendela. Stephen menyarankan, “Menulis dengan pintu tertutup; menulis ulang dengan pintu terbuka.”
Jangan mencoba mencuri suara dan gaya tulisan orang lain. Ketika Anda meniru gaya penulis lain untuk alasan apa pun selain latihan, Anda tidak akan menghasilkan apa-apa selain “imitasi pucat.” Anda tidak pernah bisa mencoba mereplika cara seseorang untuk merasakan dan mengalami kebenaran, terutama melalui sebuah permukaan—level pandangan pada alur dan kosa kata.

George R.R. Martin
g-rr-martin_telegraphPencipta Game of Thrones yang mempunyai jutaan fans fanatik di seluruh dunia ini berkata bahwa: Hal terpenting bagi calon penulis, adalah membaca! Dan bukan bacaan yang ingin Anda tulis, bacalah fantasi, science fiction, komik, atau apa saja. Anda perlu membaca apa saja.
Belajarlah untuk mengedit sendiri. Ada teknik yang saya pelajari di Hollywood, ketika script saya selalu panjang. “Ini terlalu panjang,” studio akan berkata pada saya. “Rampingkan sampai delapan halaman.” Tapi saya membenci kehilangan hal-hal bagus—adegan, pertukaran dialog, sedikit aksi—jadi saya merampingkan naskah dan memadatkan baris demi baris dan kata demi kata, memotong lemak dan meninggalkan otot. Saya menemukan proses tersebut sangat berharga sehingga saya melakukan itu juga pada buku-buku saya sejak meninggalkan LA. Itu adalah tahap terakhir dari proses menulis. Selesaikan buku Anda, lalu lalui itu, potong, potong, itu akan menghasilkan teks yang kuat dan padat, saya rasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s