7 Alasan Bergabung Dengan Grup Penulis

Apakah Anda mengalami kesulitan mencari informasi untuk menulis? Tidak ada yang mendampingi, tidak ada tempat untuk bertanya, bahkan mungkin banyak orang di sekeliling Anda melarang Anda untuk fokus menulis. Jika Anda mengalami hal-hal di atas, tidak ada salahnya Anda mulai mengikuti grup, klub atau kelompok menulis. Komunitas-komunitas ini akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda, salah satunya adalah berbagi informasi dan kritik. Eit, para penulis tidak boleh alergi kritik ya. Jangan pernah menganggap orang-orang yang mengkritik karya kita itu haters karena belum tentu lho. Selain dua hal tersebut masih ada lagi alasan mengapa Anda, Para penulis harus bergabung dalam grup menulis, yuk check di bawah ini:

1. Evaluasi         

Kelompok menulis yang baik akan memberikan kritik yang jujur dan konstruktif. Dalam arti positif, mana yang perlu diperbaiki, buku-buku mana yang perlu Anda baca untuk bisa mengembangkan cerita.

2. Inspirasi        

Anggota kelompok dalam komunitas dapat menjadi sumber-sumber ide, atau mereka dapat menolong Anda untuk memberikan referensi. Persaingan yang ramah dengan orang lain dapat memotivasi dan menginspirasi Anda untuk menjadi penulis yang lebih baik.

3. Edukasi         

Anda dapat belajar banyak dari penulis-penulis lain yaitu teman-teman sekelompok Anda, bagaimana mereka menulis, dan apa yang mereka tulis. Anda bisa bertanya padanya tentang rahasianya, bagaimana proses mereka menulis dan lain sebagainya.

4. Informasi      

Sebuah komunitas biasanya adalah tempat untuk mendapatkan tips dan informasi dari sesama anggota tentang publikasi, lomba, konferensi, lokakarya, workshop, program akademik.

5. Publikasi

Writers setiap penulis pasti menginginkan publikasi untuk karyanya. Berada dalam komunitas dapat mendorong Anda untuk menulis lebih giat, mengejar publikasi karena ada anggota-anggota lain yang lebih berpengalaman sehingga itu akan mendorong Anda mengejar publikasi untuk tulisan-tulisan Anda.

6. Promosi

Sebuah kelompok menulis dapat membantu Anda mempromosikan tulisan Anda. Jika tulisan Anda mungkin dimuat di media lokal, atau Anda memiliki blog, merekalah yang akan menjadi tempat yang tepat untuk memperlihatkan karya Anda. Dan akhirnya mungkin mereka juga yang akan mempromosikannya kepada orang lain.

7. Sosialisasi

Salah satu manfaat yang paling berharga adalah kebahagiaan dalam berbagi, berkolaborasi, dan membentuk persahabatan dengan sesama penulis. Mungkin semua itu dimulai hanya dari kunjungan blog ke blog atau via online, lalu kemudian workshop bersama dan siapa tahu akhirnya mengadakan acar-acara seperti jalan-jalan bareng?

Bagaimana Anda menemukan sebuah kelompok menulis kalau begitu? Indonesian Writers Club adalah salah satu komunitas menulis untuk para penulis, calon penulis yang mau mengembangkan dirinya. Jika Anda tertarik, silakan berkunjung ke sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s