Pekerjaan 10 Penulis Best Seller Sebelum Mereka Terkenal

Para penulis seringkali menciptakan karakter protagonis yang mampu mengatasi tantangan juga situasi hidup mereka yang pelik dan akhirnya menang, tapi tidak semua cerita itu adalah fiksi. Banyak penulis memulainya di pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan menulis.

Kita ambil contoh J.K Rowling. Di awal pidatonya di Harvard University, Rowling berkata, “Manfaat Kegagalan, dan Pentingnya Imajinasi,” Rowling menjelaskan mengapa dia terjatuh sampai memukul batu terbawah dan itu tidak selalu menjadi hal yang buruk. “Saya dibebaskan,” katanya, “Karena ketakutan terbesar saya telah saya sadari, dan saya terus hidup, dan saya masih memiliki seorang putri yang saya cintai, dan saya mempunyai mesin ketik dan sebuah ide besar. Dan batu terbawah itulah yang menjadi dasar yang kokoh di mana saya bisa membangun kembali hidup saya.”

Jadi jika Anda adalah seorang calon penulis, atau seorang yang punya impian lain, Anda dapat menemukan inspirasi dengan membaca kehidupan para penulis ternama ini. Seringkali cerita yang paling menakjubkan datang dari tempat-tempat yang tidak mungkin, dan seringkali, Anda harus terjebak di sebuah pekerjaan yang tidak relevan atau acak sebelum Anda menggapai karir impian Anda.

  1. Stephen King adalah Seorang Petugas Kebersihan.

stephen-king-9365136-1-402Stephen King mungkin telah menulis lebih dari 50 novel, tapi Stephen King tidak selalu menjadi seorang penulis fulltime selama hidupnya. Masa-masa di mana dia menjadi petugas kebersihan di SMA menginspirasi novel Carrie. Awalnya Stephen membuang draft pertama Carrie ke tempat sampah, tapi istrinya Tabitha mengambilnya kembali dan berkata padanya untuk terus menulis karena dia ingin tahu bagaimana akhirnya.

  1. Harper Lee adalah seorang Pengawai Reservasi (Pemesanan).

harper_lee_watchman-coverPenulis To Kill a Mockingbird Harper Lee, sebelum karyanya dikenal dan mendapat banyak penghargaan, dia adalah seorang pegawai reservasi perusahaan penerbangan di New York. Pada akhirnya Harper berhenti ketika teman-temannya membantu keuangannya agar dia dapat menulis secara fulltime. Wow! Harper Lee memiliki teman-teman yang luar biasa yang mengenali bakatnya, betapa beruntungnya dia.

  1. Wendelin Van Draanen adalah Seorang Guru SMA.

wendelin-van-draanenPenulis novel yang betul-betul kita sayangi Flipped, sebenarnya memulai karirnya sebagai guru di SMA, tapi jangan salah dia bukan guru bahasa Inggris yang mungkin Anda tebak, tetapi dia mengajar matematika dan komputer.

  1. Douglas Adams adalah Seorang Bodyguard.

220px-douglas_adams_portrait_croppedSiapa sangka penulis yang berbadan besar ini pernah menjadi tukang bersih-bersih kandang ayam. Tapi kita tidak heran mengetahui Douglas sempat menjadi bodyguard di sebuah keluarga pengusaha minyak Qatar. Ide brilian The Hitchhiker’s Guide to The Galaxy tercetus saat dia berada di Austria terbaring mabuk di sebuah penginapan dengan membawa buku The Hitchhiker’s Guide to Europe, dia kemudian menatap bintang-bintang di langit dan berpikir, seseorang seharusnya menulis The Hitchhiker’s Guide to The Galaxy, jadi jangan pernah meremehkan momen-momen Eureka seperti yang dialami Douglas Adams ya Writers!

  1. Suzanne Collins Menulis untuk Acara Televisi Anak-anak.

suzanne-collinsbook-600Sebelum menciptakan karakter Katniss Everdeen, Suzanne Collins mempunyai karir menulis untuk sebuah acara televisi anak-anak. Sebelum dia akhirnya mendarat menjadi New York Times Bestseller Author dari novel Gregor the Overlander, dan tentu saja, The Hunger Games.

  1. John Green adalah Pendeta di Rumah Sakit Anak-anak.

04-john-green-w529-h529Sebelum menulis novel young adult, John Green belajar untuk menjadi seorang pendeta. Dia bekerja sebagai pendeta di sebuah rumah sakit anak-anak dan cerita-cerita tentang orang-orang yang dia temui akhirnya menjadi inspirasi bukunya The Fault in Our Stars.

  1. Rainbow Rowell adalah Kolumnis Koran.

rainbow-rowellPenulis Attachments ini mempunyai pekerjaan di tiga bidang, editorial koran, bahasa Inggris, dan periklanan. Selama sepuluh tahun dia menulis untuk harian Omaha-World Herald, jadi tidak heran jika novel Attachments karyanya terbukti sempurna sekali menangkap potongan kehidupan para pegawai harian koran.

  1. Agatha Christie adalah Seorang Apoteker.

agatha-christie

Penulis misteri yang sangat terkenal Agatha Christie pernah menjadi seorang asisten apoteker. Dia dikenal memang banyak mengetahui tentang racun, tidak heran hal itu membantunya menciptakan karakter Hercule Poirot dan Miss Marple. Anda tidak pernah tahu ke mana pengetahuan Anda dapat sangat bermanfaat nantinya, bukan Writers?.

  1. Nicholas Sparks Menjual Produk Kesehatan Gigi di Telepon.

05-nicholas-sparks-w529-h529Duh siapa yang akan menyangka kalau penulis dan produser novel cinta paling romantis Nicholas Sparks adalah mantan penjual produk gigi di telepon. Mungkin karena itu, aktor-aktor di film-film adaptasi Nicholas Sparks selalu mempunyai gigi yang bagus ya, Writers? 😉

  1. Sophie Kinsella adalah Seorang Jurnalis Keuangan

sophiekinsella_gbPenulis Madeleine Wickham yang terkenal dengan nama pena Sophie Kinsella adalah penulis di balik novel seri populer Confessions of a Shopaholic dan bukan tidak mungkin kalau novel ini terinspirasi saat dirinya bekerja sebagai jurnalis keuangan. Sophie sempat mengatakan pekerjaannya “tidak menginspirasi.” Hal tersebutlah yang membuatnya menulis novel pertamanya saat jam makan siang dan malam sepulang bekerja. Maybe there is a silver lining for everything after all Writers.

Jadi mungkin lain kali nama Anda yang ada di daftar ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s