6 Cara Efektif Mencapai Resolusi Tahun Baru

Tahun baru tinggal selangkah lagi. Setiap kita pasti sudah punya rencana, cita-cita bahkan resolusi untuk menyambutnya dengan optimis dan gembira.Tahun depan segala sesuatu akan lebih baik, kita akan lebih sehat dan semua akan berjalan lancar. Tapi benarkah?

Tidak kalau Anda tidak ikut berubah. Tahun baru tidak berarti apa-apa, Anda tetaplah diri Anda pada tahun ini yang sedang menuju tahun depan. Anda tetap membawa kebiasaan lama selama 12 bulan yang lalu menuju 12 bulan berikutnya. Karena tanggal 31 Desember ke 1 Januari tidak ada bedanya dengan tanggal 2 Mei menuju 3 Mei. Tidak ada sesuatu yang baru. Anda adalah Anda yang sama esok hari seperti hari ini. Ini memang kebenaran yang menyakitkan.

Tapi jangan pesimis dulu, secara psikologis tahun baru cenderung memberikan semangat “awal yang baru” dengan kata lain “New Year is The New You”. Tahun baru memberikan kita kesempatan untuk mengubah hidup kita. Apa resolusi Anda untuk 2017? Apakah bangun lebih pagi dan tidur lebih malam untuk mewujudkan impian Anda? Berolah raga setiap hari? Makan lebih teratur? Itu bisa apa saja. Namun itu tidak akan terjadi jika Anda tidak berperang melawan diri Anda sendiri agar resolusi itu tercapai. Inilah enam cara efektif untuk mencapai resolusi tahun baru Anda:

1.Tuliskan resolusi.
Percayalah tulisan dapat efektif membantu kamu untuk mengingatkan kembali diri Anda saat rasa malas menyerang, atau ketika Anda ‘menyerah’. Itu membantu resolusi Anda lebih nyata. Tidak harus di sebuah kertas atau jurnal, Anda bisa mengetikkannya di laptop, tablet Anda, atau memo dan kalender di handphone. Hanya semudah itu.

2.One step of a time and plan it well.
Tahun 2017 saya akan menulis sebuah novel dan menyelesaikannya atau saya akan merintis usaha di sela-sela waktu luang saya. Tidak ada yang salah dengan hal itu, itu adalah cita-cita yang bagus untuk dikejar. Namun analoginya adalah seperti lari marathon, tidak mungkin seorang pelari pemula bisa langsung berlatih lari untuk 10 K, padahal naik turun tangga saja sudah ngos-ngosan.

Dibutuhkan langkah-langkah yang realistis untuk menuju ke sana. Bagaimana dengan bangun lebih pagi dan menulis selama 20 menit setiap hari? Atau menulis lima halaman setiap harinya, sehingga di penghujung tahun Anda sudah menyelesaikan satu novel. Bagaimana merencanakannya? Lakukan riset, pergi ke perpustakaan, belilah buku, browsing di internet, temui teman atau rekan yang bisa menolong Anda mencapai goal. Selalu ada pintu yang terbuka jika Anda menggedornya sangat keras.

3.Kenali hal-hal yang membuat waktu terbuang.
Banyak tugas yang tidak selesai, karena kita menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting dan tidak berhubungan dengan impian kita. Coba pikirkan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk menonton televisi, mengomentari sosmed teman-teman, atau kepoin sosmed artis-artis? Tapi bukankah kita harus bersosialisasi? Itu benar, tapi jangan menghabiskan banyak waktu yang berharga untuk hal itu. Bukankah lebih baik waktu itu dihabiskan untuk bekerja dan mencapai resolusi? Jangan berkata, “Oh saya tidak punya cukup waktu.” Karena saya yakin Anda dapat meluangkan waktu, kalau mau. Kenalilah mana waktu yang perlu Anda relokasi untuk melakukan proyek dan tugas yang dapat membuat Anda lebih dekat pada cita-cita.

4.Terima kegagalan.
Jika Anda gagal jangan langsung membenci diri sendiri. Sebagai seorang penulis saya kenyang menerima penolakan, saya pikir tak terhitung berapa kali saya merasa gagal, tapi selalu ada pilihan, berhenti atau moving on. Terimalah kegagalan betapa pun sakitnya itu, belajarlah dari situ. Karena ketekunan akan membuat Anda berhasil.

5.Seringkali satu tahun tidak cukup.
Seringkali kita begitu naïf dan berpikir hidup akan berjalan mulus, tapi pada kenyataannya belum tentu seperti itu. kita sudah merencakan sebaik-baiknya namun tetap saja ada deadline yang belum bisa tercapai misalnya karena anggota keluarga kita sakit, perusahaan tiba-tiba harus merelakan Anda. It happens, dan yang perlu kita lakukan adalah menyayangi diri kita sendiri, jangan memukul keras diri sendiri. Refleksikan yang terjadi, jika kita membuat kesalahan perbaiki. Apabila bakat dan karakter kita bertumbuh karena prosesnya, hargai itu. Ingatlah setiap hari yang baru adalah kesempatan baru untuk membuatnya lebih baik.

6.Berikan diri Anda hadiah.

Tidak ada salahnya lho jika Anda memberikan diri Anda reward saat satu poin dalam resolusi anda tercapai. Itu bisa menjadi dorongan untuk tetap berkomitmen. Mungkin Anda bisa menonton bioskop, menelepon dan hang out dengan sahabat lama? Atau makan es krim? kenapa tidak?
Mau coba enam langkah efektif untuk mencapai resolusi tahun baru di atas? Apa pun rencana dan resolusi anda di tahun 2017, I wish you a very good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s